Search
Search
Close this search box.

Distribusi Vaksin Covid-19 Dikelola Terintegrasi

Pemerintah memastikan akan mengelola sistem distribusi vaksin Covid-19 secara terintegrasi. Nantinya, distribusi akan dilakukan menggunakan dashboard data yang terintegrasi dengan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), termasuk Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Prioritas daerah penerima vaksin merupakan salah satu indikator yang dipakai dalam perencanaan vaksinasi,” jelas Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.

Diungkapkannya, saat ini KPCPEN, Kemenkes, Kominfo, PT Bio Farma dan pihak terkait lainnya, sedang berkomunikasi secara intensif untuk memastikan proses pendistribusian yang profesional, tepat sasaran, dengan mempertimbangkan skala prioritas.

Karena itu, masyarakat pun diminta bersabar menunggu informasi lebih lanjut terkait rencana distribusi vaksin Covid-19. “Untuk informasi lain yang lebih teknis, seperti porsi dan wilayah pembagian akan disampaikan kemudian setelah tahap-tahap perencanaan tersebut selesai dilakukan,” kata Wiku.

Baca juga  TNI-Polri Berjibaku Bantu Korban Banjir Jakarta

Seperti diberitakan srbelumnya, untuk menindaklanjuti kedatangan vaksin,
Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) akan melakukan evaluasi terhadap data uji klinik yang sedang dilaksanakan untuk membuktikan keamanan dan khasiat vaksin. Proses evaluasi yang dijalankan Badan POM menggunakan standar yang merujuk kepada standar Internasional seperti WHO, US FDA dan EMA.

Selain itu, Badan POM juga telah melakukan pengambilan sampel dari 1,2 juta vaksin Covid-19 yang sudah hadir di Indonesia untuk pengujian mutu di laboratorium P3OMN. Sampel tersebut perlu dilakukan untuk penerbitan lot release (pelulusan batch/lot), dengan beberapa parameter untuk lot release termasuk uji potensi, uji kadar antigen, uji toksisitas abnormal dan uji endotoksin. Tujuan pengujian ini adalah untuk memastikan bahwa vaksin mempunyai mutu yang sesuai dengan persyaratan. (JEM)

Baca juga  6 Menteri Baru, Warnai Pemberitaan Hari Ini

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]