Search
Search
Close this search box.

Bayar Tagihan Air Tepat Waktu, Bentuk Kontribusi Pelanggan Bagi Operasional Perumda TMB

BALIKPAPAN,PROKALTIM — Sebagai pelanggan air bersih yang bijak dan komitmen, membayar air tepat waktu menjadi bentuk sinergi agar Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (dulu PDAM Balikpapan,Red) dapat beroperasi dengan lancar.

“Karena dari pembayaran tagihan rekening air bersih rutin itulah, pengelolaan dan pendistribusian air bersih kepada pelanggan agar menjadi lancar, dan operasional Perumda Tirta Manuntung Balikpapan dapat berjalan baik,” jelas Kepala Sub Bagian Customer Service Perumda TMB, Suryo Hadi Prabowo kemarin.

Namun demikian karena kondisi pandemi Covid-19, Perumda TMB masih memberikan toleransi. Jika terlambat membayar rekening air 1 bulan, lewat tanggal 20 tiap bulan, hanya didenda 10 persen dari tagihan air yang dibayarkan bulan itu.

Baca juga  PTMB Wajibkan Penggantian Meteran Air Sesuai Aturan Perwali No19 Tahun 2010

“Jika sudah menunggak 2 bulan, tentu petugas Perumda TMB akan menyegel meter air milik pelanggan tanpa pemberitahuan,” tambah Suryo yang akrab disapa Kang Uyo ini.

Proses sanksi Perumda TMB terhadap pelanggan kata Suryo, tentu tidak berhenti di situ. Kalau pelanggan masih juga belum membayar bahkan sampai 3 bulan tunggakan, maka di bulan ke-4 melewati tanggal 20 akan memutus status dan meter air pelanggan. Dan ini tentu merugikan pelanggan yang tidak mendapat pelayanan air bersih.

Proses kerja Perumda TMB terhadap meter air pelanggan, menurut Suryo mengikuti regulasi yang diatur dalam peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 19 Tahun 2010 tentang sistem penyediaan air minum pasal 16 ayat 2. Jelas dalam pasal itu disebutkan pemutusan tetap atau pencabutan air PDAM dilakukan apabila pelanggan tidak menyelesaikan segala kewajibannya dalam jangka waktu dua bulan terhitung sejak tanggal dilakukan penyegelan.

Baca juga  Trik Menjadi Sukses Era Digital

“Artinya PDAM sudah memberikan keringanan kepada pelanggan, inilah harapan kami agar pelanggan dapat memahami pentingnya membayar air tepat waktu,” harap Suryo.

Selain itu Perumda TMB masih memberikan kesempatan kepada pelanggan yang merasa keberatan terhadap tagihannya, untuk dapat langsung menyampaikan keberatannya ke kantor PDAM di bagian Customer Service.

“Ayok bayar air tepat waktu, pelanggan bijak tentunya sama-sama berkontribusi untuk kelancaran distribusi air bersih di kota Balikpapan,” pungkasnya. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]