NEWS

Search
Search
Close this search box.

Diguyur Hujan Lebat, Akses Jalan Kariangau Terputus, 18 Warga Terpaksa Mengungsi

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Jalur Utama Kariangau, tepatnya yang berlokasi dekat lapangan Golf Kariangau kembali terputus. Setelah hujan deras kembali mengguyur Kota Balikpapan, pada Jumat (3/9) dini hari.

Tak ayal, jalan menuju pelabuhan feri Kariangau Balikpapan Barat pun terputus akibat genangan air. Sejak pukul 06.30 Wita genangan air mulai naik ke jalan tepatnya tak jauh dari Lapangan Golf Kariangau. Hingga akhirnya sekira pukul 08.00 Wita kendaraan roda dua tidak dapat melintasi jalur tersebut lantaran genangan air cukup tinggi.

Babinsa Kariangau Sertu Barja yang berada di lokasi genangan membantu mengarahkan kendaraan yang akan melintas.

“Tadinya masih bisa dilalui kendaraan roda dua, roda empat, sekarang tidak bisa karena berpotensi mogok di tengah genangan,” ujar Barja.

Lantaran tidak bisa dilalui, banyak kendaraan memilih berhenti dari kedua sisi, menunggu air surut. Namun sebagian ada yang memilih memutar melintasi Jalan Km 13 Balikpapan Utara.

Dari pantauan media ini terlihat beberapa kendaraan motor yang mencoba menerobos genangan, akhirnya mogok di tengah genangan. Para relawan yang ada di lokasi pun langsung membantu mendorong hingga ke pinggir.

Bahkan, dari Satuan Brimob Polda Kaltim, Kompi 1 Batalyon C Pelopor menerjunkan perahu untuk membantu pengendara untuk menyeberangi genangan.

Selain menggenangi jalan, banjir di Kariangau juga merendam rumah warga. Sedikitnya ada 4 rumah warga di RT 13 Kariangau terendam banjir hingga harus membuat penghuninya mengungsi.

Ketua RT 13 Kariangau, Bejo Pawiro Utomo saat dikonfirmasi mengatakan saat ini ada 18 jiwa dari 4 KK yang diungsikan sementara ke gudang miliknya. Lantaran rumah warganya terendam banjir yang cukup tinggi.

“Sementara kami ungsikan ke gudang yang sudah kita ubah sebagai tempat pengungsi sementara. Semoga banjirnya cepat surut,” terang Bejo.

Dia mengatakan banjir yang hingga merendam rumah warga ini sudah terjadi dua kali dalam sepekan.

“Dalam minggu ini sudah dua kali ini, tinggi airnya sampai dada orang dewasa,” sebutnya.

Usai banjir sebelum pihak Dinas Pekerja Umum (PU) Provisni sudah melakukan peninjauan ke lokasi banjir, untuk mencari permasalahan banjir tersebut.

Rencananya normalisasi aliran sungai hingga ke sungai Somber akan kembali dilakukan dalam waktu dekat agar permasalahan banjir di wilayah Kariangau segera teratasi. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]