Search
Search
Close this search box.

Rahmat: Sistem Pelayanan Pelanggan PDAM Sangat Bagus

Sidak Wali Kota Rahmad Mas'ud ke Kantor PDAM Balikpapan. (Foto: Ist/pdam)

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Perumda Tirta Manuntung (PDAM), Jumat (5/11).

Kunjungan Wali Kota sebagai satu upaya Pemerintah Kota Balikpapan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam penyediaan air bersih.

Rahmad menyampaikan dalam memberikan pelayanan, petugas tentu tidak bisa memuaskan semua masyarakat, tapi bagaimana terus berusaha maksimal bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Ada beberapa kondisi yang pelayanan mungkin belum bisa baik, karena infrastruktur kita, justru kedepan diarahkan untuk di perbaiki yang kekurangan termasuk pipa pipa ini banyak tua dan mereka pihak PDAM lagi programkan mengganti beberapa titik pipa supaya distribusi air,” jelas Rahmad.

Terkait pelayanan PDAM Balikpapan, Rahmad menilai kantor PDAM sudah sangat bagus karena ada sistem antrian, keluhan warga dilayani oleh customer.

Baca juga  Enam Pimpinan Tinggi Pratama, Dilantik Wali Kota Balikpapan

“Sudah sangat baik, harus tetap ditingkatkan lagi, apalagi target kita pada 2026 sudah 100 persen warga Balikpapan terlayani air bersih,” tutur Rahmad.

Rahmad mengatakan Pemkot Balikpapan terus berupaya agar Embung Aji Raden yang ada di Lamaru cepat berfungsi, sehingga pelayanan khususnya di wilayah Balikpapan Timur dapat terpenuhi, juga program MBR bagi masyarakat yang kurang mampu.

“Jadi jangan dilihat masalahnya saja, tapi dilihat apa yang telah dilakukan oleh PDAM,” ujarnya.

“Kalau pun ada masalah kita diskusikan bersama, tapi jangan juga terlalu banyak, tapi lebih pada eksekusinya di lapangan untuk pelayanan masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Dirut Perumda Tirta Manuntung PDAM Balikpapan, Haidir Effendi mengaku, kedatangan pak Wali hanya sekedar untuk berkordinasi, perbaikan pelayanan termasuk masalah sumur, serta pelayanan gangguang air bersih.

Baca juga  Wali Kota Saat Sidak dan Meminta PTMB Berikan Layanan yang Terbaik

“Perlu diketahui, sejak awal saya masuk ke PD ini pelanggannya cuma 25 ribu tahun 1992 dengan kapasitas air bersih 1.000 liter perdetik, sekarang pelanggan capai 110 ribu dengan kapasitas hanya 1.300 liter perdetik,” beber Haidir.

“Artinya antara pemasukan air bersih dan suplai air kita masih belum ideal, ini yang saya diskusikan denfan pak wali, cari alternatif sumber daya air yang baru termasuk sumur,” tambahnya

Dikatakan Haidir, sumur hanya solusi terdekat tapi tidak efektif, dengan jumlah sumur lebih 30 tapi tidak efektif, setahun kedepan debit air sumur kadang berkurang, sementara pelanggan tambah terus.

“Kita maksimal setahun 3.500 sambungan baru, sementara sumber air yang ada bukan bertambah,” tutupnya. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]