Search
Search
Close this search box.

Tragis! Ponpes Thubassalam Alami Krisis Pangan dan Enam Bulan Aliran Air Diputus PDAM

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Berau bantu 100 kg Beras. (Foto; Ist)

TANJUNG REDEB,PROKALTIM – Sungguh memprihatinkan nasib dan kondisi belasan santri di Pondok Pesantren Thubassalam, Kelurahan Gunung Panjang, Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur.

Pasalnya, pengelola dan santri mengalami krisis sandang dan pangan selama 6 bulan terakhir ini. Aliran air diputus pihak perusahaan PDAM dan 22 hari tak miliki persediaan beras. Hingga yang bisa dilakukan para santri adalah menumpang mandi di masjid yang ada di dekat pondok.

“Sambungan air bersih PDAM diputus, lantaran menunggak pembayaran. Mau bagaimana lagi, saya merasa bertanggung jawab meneruskan perjalanan pondok ini,” sebut Neri, pengasuh sekaligus kepala MTs Ma’arif Tanjung Redeb.

Dijelaskan Neri, pondok ini menampung 15 santri yang bersekolah di MTs Ma’arif. Para santri berasal dari berbagai kampung di Berau, di antaranya Kampung Tanjung Batu, Kampung Dumaring, Kampung Mantaritip, Kampung Seramut, Kampung Inaran hingga Kampung Merancang.

Baca juga  Program Kukar Berkah, Rendi Solihin Salurkan Rp 1,2 Miliar untuk Ponpes Al - Arsyadi

“Pondok ini dahulunya didirikan oleh tokoh ulama Berau, H Asrul Sani, pada 2019 lalu. Tak hanya sebagai pendiri, tapi sekaligus juga menjadi donatur tetap. Impiannya, bisa membantu para santri bersekolah gratis dan bisa mencapai cita-citanya,” kenangnya.

Suasana Pondok Pesantren Thubassalam, Tanjung Redeb. (Ist)

Namun, H Asrul Sani sudah tutup usia. Praktis tidak ada lagi donatur yang memberikan dukungan untuk pondok pesantren ini. Akibatnya, seluruh aktivitas pondok berjalan dengan segala keterbatasan dan serba kekurangan.

Puncaknya, para santri sempat mengalami kekurangan bahan pokok beras selama 22 hari. Tak hanya soal kebutuhan pokok, urusan kebutuhan air bersih juga tersendat. Sambungan air PDAM ke pondok ini juga sudah diputus selama 6 bulan, karena menunggak pembayaran.

Mendengar kabar terdapat kelompok santri di pondok yang sudah 22 hari kekurangan beras, akhirnya Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Berau memberikan bantuan beras sebanyak 100 kg melalui program Berau Taqwa.

Baca juga  Penutupan Outlook Apeksi 2022 Balikpapan, IKN Diharapkan Jadi Awal Pemerataan Pembangunan di Indonesia

“Kami akan memberikan dukungan tiap bulan, terutama kebutuhan pokok para santri ini,” sebut Wakil Ketua IV Baznas Berau, Maria Yosephi, saat berkunjung ke pondok tersebut, Selasa (16/11).

Aliran air PDAM diiputus selama enam bulan. (Foto: Ist)

Maria berharap, akan semakin banyak muzaki atau donatur yang memberikan perhatian untuk para santri ini. Para donatur dipersilakan menyalurkan zakat, infak, sedekah ke Baznas Berau, agar tiap bulan bisa menyantuni para santri tersebut.

“Dengan begitu, mereka bisa belajar dengan tenang tanpa harus memikirkan besok akan makan apa,” imbuh Maria.

Terkait sambungan air PDAM, Maria menyampaikan, akan segera berkoordinasi dengan direktur PDAM untuk penyambungan kembali.

“Sehingga para santri tidak lagi menumpang mandi di masjid yang ada di dekat pondok,” pungkasnya. (pms)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]