Search
Search
Close this search box.

Kunjungan Meningkat, Pantai Cemara Kampung Nelayan Butuh Perhatian Pemkot 

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Pantai Cemara Kampung Nelayan Manggar Baru yang terletak di Kelurahan Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), yang bersebelahan dengan pantai Segarasari sekarang sudah mulai ramai dikunjungi masyarakat.

Lurah Manggar Baru Ahmad Mauluddin mengatakan, melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), karena kami melihat potensi destinasi wisata yang bisa dikembangkan di pantai cemara kampung nelayan Manggaar Baru.

“Melalui Pokdarwis berjalan beberapa bulan, namun surat keputusan (SK) belum keluar dari Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan karena ada miskomunikasi dengan masyarakat setempat,” kata Ahmad kepada media, beberapa waktu lalu.

Ahmad juga menyampaikan, sebenarnya destinasi wisata ini sangat menarik untuk terus dikembangkan. Sejarahnya dulu kata masyarakat setempat bahwa Ibu Ani Yudhoyono yang menanam pohon cemara ini, jadi Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah pernah datang ke pantai tersebut.

“Cuma karena dari awal itu terbengkalai lama tidak terawat. Waktu itu saya baru jadi Lurah Manggar Baru pertengahan bulan tahun 2019 dan saya mencoba koordinasi dengan teman-teman Disporapar Balikpapan bahwa Pantai Cemara Kampung Nelayan ini harus kita kembangkan,” ucapnya.

Baca juga  PJU Jadi Aspirasi Warga Saat Reses Pantun Gultom

Alhamdulillah sampai sekarang itu kalau tiap hari Sabtu dan Minggu pengunjung yang datang lumayan ramai. Pantai ini sudah dua tahun lebih yang bersebelahan dengan pantai Manggar Segarasari, yang sekarang sudah tertata oleh masyarakat setempat dan terlihat viewnya banyak pohon cemara menarik pengunjung datang. Ada salah satu komunitas berkemah.

“Terkait perkembangannya, saya sampaikan ke ketua RT setempat, bawa itu harus secepatnya di kelola dengan adanya bantuan Pokja Pesisir Kalimantan Timur (Kaltim) maka dia benahi. Dia pernah kerja sama dengan masyarakat dan pesisir untuk membersihkan dan akhirnya sekarang sudah tertata ini sudah dua tahun lebih, tapi ramainya tahun ini,” bebernya.

Lanjutnya, karena tahun kemarin Kota Balikpapan terdampak pandemi Covid-19 dan kita tutup sementara dan baru tahu ini ramai kembali.

Baca juga  Taqwa Sorotin Kemacetan Balikpapan Timur, Akan Berdampak Ekonomi, Maka Perlu Jalur Alternatif

Lurah Manggar Baru, ditanya kedepannya, Insyaallah akan menjadi salah satu destinasi wisata pantai di Kota Balikpapan, untuk itu bukan hanya di pantai Manggar Segarasari, bukan hanya di pantai Lamaru, Teritip dan wisata lainnya.

Tapi disini juga ada pantai Cemara Kampung Nelayan tepatnya di Kelurahan Manggar Baru, juga jalannya masuk dekat saja dari jalan Mulawarman menuju Kelurahan Manggar Baru ke dalam 500 meter.

Sementara itu, Ahmad menjelaskan, yang lalu pernah kerjasama dengan Politeknik Balikpapan, dia membuat site plan, juga ada beberapa pelatihan dan bantuan yang mereka berikan. Dan hasilnya salah satu kajian potensi wisata Pantai Cemara kampung nelayan.

Hingga sekarang yang kelola masyarakat setempat, belum ada bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot). Berharap, pantai ini supaya dikelola masyarakat setempat, seperti berjualan untuk membantu penghasilannya.

“Kalau Pemkot melalui Disporapar Balikpapan ingin mengelola, tapi sumber daya manusia (SDM)nya masyarakat setempat yang ada di Kelurahan Manggar Baru,” harapnya. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]