Search
Search
Close this search box.

Tragis! Petugas Puskesmas Balikpapan Tolak Beri Pelayanan, Ibu Hamil Melahirkan Dalam Mobil di Depan Kuburan

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Ironis. Seorang wanita hamil bernama Samiatun (32) terpaksa melahirkan di dalam mobil persis di depan kuburan muslim kawasan Kariangau, Balikpapan Barat, pada Selasa (21/12) sekira pukul 23.50 wita usai ditolak oleh Puskesmas Kariangau.

Kejadian bermula saat warga RT 14 Kelurahan Kariangau, Balikpapan Barat ini mengeluh sakit di perut lantaran akan melahirkan. Ia pun diantar oleh suami dan dua orang keluarganya menggunakan mobil menuju Puskesmas Kariangau. Tiba di Puskesmas pukul 23.40 wita, Samiatun disambut oleh petugas puskesmas dan mencoba melakukan pemeriksaan.

“Kata petugasnya disana masih bukaan empat. Nah katanya nggak bisa lakukan persalinan disitu karena nggak ada dokter jaga. Jadi disuruh bawa ke RSKD aja,” kata Aprianto, keluarga pasien sekaligus pengemudi.

Lantaran tak ada dokter jaga untuk melakukan persalinan, mereka pun hendak menuju RSKD. Namun baru keluar pintu puskesmas, rupanya air ketuban Samiatun pecah. Petugas pun mengeluarkan kursi roda untuk Samiatun.

Baca juga  Arahan Presiden Jokowi kepada Para Gubernur se-Indonesia

“Saya kira dia keluarin kursi roda itu mau dibawa masuk, ternyata malah disorong ke mobil saya. Terus katanya nggak apa-apa ini, masih sempat kok ke rumah sakit,” ungkapnya.

Apri pun mencoba meminta puskesmas untuk membawa Samiatun ke Rumah Sakit menggunakan ambulans. Namun petugas puskesmas tersebut tak mengabulkannya dan tetap menyarankan pasien ke rumah sakit menggunakan mobil yang dibawa Apri.

“Saya sempat bilang, nggak pakai ambulans aja kah biar cepat. Kata petugasnya pakai mobil aja, masih sempat kok katanya,” tuturnya.

Alhasil Apri pun pergi ke rumah sakit dengan mobilnya. Namun baru saja keluar dari puskesmas, Sumiatun pun akhirnya melahirkan di dalam mobil. Sang bayi dipegang suami Sumiatun, sementara tembuninya masih berada dalam perut sang ibu.

Baca juga  Api Lahap 24 Bangunan, 108 Jiwa Menjadi Korban

“Baru sekitar 7 menit keluar dari Puskesmas, persis di depan Kuburan Muslim di Kariangau dekat lapangan golf melahirkan. Jadi saya panik dan buru-buru ke rumah sakit,” ungkapnya.

Beruntung sang bayi dan ibunya selamat dan telah dalam perawatan di Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengatakan pihaknya telah menugaskan tim dari dinas kesehatan ke Puskesmas Kariangau.

“Saya tugaskan tim Dinkes ke Puskesmas Kariangau besok (hari ini),” katanya.

Wanita yang akrab disapa Dio ini turut menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga pasien. Pasca kejadian ini tentu pihaknya akan melakukan evaluasi dan memberikan pembinaan kepada petugas pelayanan di Puskesmas tersebut.

“Atas nama pimpinan, kami mohon maaf atas kejadian ini dan akan melakukan pembinaan kepada Tim Puskesmas Kariangau,” pungkas Dio. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]