Search
Search
Close this search box.

Khusus Membahas Banmus, DPRD Kota Banjarmasin Kunker ke DPRD Balikpapan

Kunker DPRD Banjarmasin di DPRD Balikpapan.

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Kunjungan kerja (Kunker) DPRD Kota Banjarmasin yang diterima langsung Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Balikpapan, Andi Arif Agung, di ruang Rapat Paripurna, pada Selasa (25/1).

Tujuan kunker anggota legislatif asal Kota Banjarmasin adalah untuk melakukan studi banding tentang program kerja badan musyawarah (Banmus) sebagai salah satu alat kelengkapan dewan (AKD) di DPRD kota Balikpapan.

Rombongan DPRD Kota Banjarmasin ini dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Matnor Ali, bersama anggota dewan yang ikut dalam rombongan dari anggota Badan Anggaran (Banggar) dan Badan Musyawarah (Banmus). Matnor mengatakan, Kota Balikpapan menjadi pilihan studi banding karena perencanaan kerja di Banmusnya tergolong sudah maju.

Baca juga  Anggota DPRD Balikpapan Fraksi PKS Balikpapan Jafar Sidik Dukung Penolakan Peralihan Subsidi Gas Melon

“Informasi yang kami dapat ini akan menjadi bahan perencanaan. Karena Banmus ini adalah salah satu pengambil kebijakan di unsur pimpinan dan alhamdulillah banyak yang kami ambil,” katanya.

Politisi fraksi Golkar Kota Banjarmasin Matnor Ali mengatakan, mengingat kedua lembaga ini merupakan mitra dengan kedudukan yang setara sebagai penyelenggara negara. Banmus memiliki peran strategis dalam menyikapi kebijakan dari pihak eksekutif. Dimana para anggota dewan yang tergabung dalam Banmus bertugas memberikan rekomendasi dukungan atau kritikan terhadap pemerintah setempat.

“Yang kami petik tadi tentang peraturan daerah, kemudian cara menyikapi kebijakan pemerintah daerah. Termasuk cara sinkronisasi antara pihak legislatif dan eksekutif. Nanti masukan Banmus ini yang jadi bahan pimpinan mengambil keputusan,” ujarnya.

Baca juga  Menolak Program Tapera, Serikat Pekerja Sampaikan Petisi ke DPRD Balikpapan

Dia juga menyampaikan, kota Balikpapan banyak memperoleh berbagai macam penghargaan. Bahkan secara geografis mudah dicapai karena sama-sama berada di pulau Kalimantan. Kota Balikpapan sudah menjadi salah satu kota tujuan utama dalam kunjungan kerja dari berbagai DPRD daerah lain.

“Jadi setiap kunjungan itu beda-beda judulnya, banyak hal yang kami dapat gali di sini. Tak kalah pentingnya adalah penyusunan program dan kinerja wakil rakyat yang harus lebih efisien, efektif, akuntabel dan transparan,” ungkapnya. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]