Search
Search
Close this search box.

Muncul Wacana Pemekaran Kelurahan, Sabaruddin: Dianggap Urgent Harus Dimekarkan

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Belum lama ini Camat Balikpapan Timur, Suwandi menyampaikan Rukun Tetangga (RT) wilayah Kecamatan Balikpapan Timur (Baltim), sekarang naik hampir sekitar 30 persen sejak 5 tahun ini, terutama di daerah Kelurahan Manggar sudah 100 RT.

Untuk itu, wacana pemekaran Kelurahan yang ada disalah satu Kecamatan Balikpapan Timur, seperti Kelurahan Manggar mendapat tanggapan dari Wakil Ketua DPRD Balikpapan, Sabaruddin Panrecalle.

Sabaruddin menilai pemekaran boleh dilakukan apabila memang keadaan memenuhi ketentuan yang berlaku. Tidak melanggar amanah Undang-Undang.

 

 

“Dianggap urgent, sudah melalui tahapan-tahapan. Bahwa jumlah penduduk diambang batas harus dimekarkan,” kata Sabaruddin, kepada Prokaltim, Rabu (5/1).

Sabaruddin juga menyampaikan, Kecamatan Balikpapan Timur memiliki empat Kelurahan. Diantara empat Kelurahan itu, Kelurahan Manggar yang terpadat, memiliki sekitar 100 RT.

Baca juga  Sabaruddin Apresiasi Event UMKM Exhibition 2021

Sementara tiga Kelurahan lain, yakni Kelurahan Manggar Baru memiliki sekitar 50 RT. Kelurahan Tritip dan Lamaru masing-masing sekitar 40 RT.

“Silahkan saja dimekarkan, kita mengacu pada aturan yang berlaku yakni amanah UU ketika merasa tidak efektif dan produktif untuk mengelola tatanan yang ada di kelurahan Manggar yah sebaiknya itu dimekarkan,” tandasnya.

Politisi fraksi Gerindra ini juga menjelaskan, tak menampik bahwa kepadatan penduduk Kota Balikpapan meningkat tiap tahunnya. Ada enam Kecamatan dan 34 Kelurahan. Di wilayah Balikpapan Timur, penduduknya berkisar 75 ribu jiwa.

“Khusus Balikpapan Timur, dianggap sudah terlalu banyak memang. Kami melihat diantara empat Kelurahan ini, Kelurahan Manggar penduduknya lebih dominan terbukti dengan hampir sekitar 100 RT,” pungkasnya. (to)

Baca juga  Taqwa Sorotin Kemacetan Balikpapan Timur, Akan Berdampak Ekonomi, Maka Perlu Jalur Alternatif

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]