Search
Search
Close this search box.

DLH Asuransikan Pohon Rawan Tumbang, Masyarakat Bisa Claim Kecelakaan Karena Pohon

Pohon tumbang yang menimpa satu kendaraan pada Rabu 6/4/2022 kemarin sore di Jalan Dahlia Samarinda Kota. (foto:psg)

SAMARINDA, PROKALTIM- Belakang cuaca Samarinda sedang tak menentu, salah satunya cuaca hujan disertai angin kencang hingga menyebabkan beberapa wilayah tergenang banjir, tanah longsor dan pohon tumbang sampai merenggut korban jiwa.

Penanganan khusus pohon yang berada di tepi atau median jalan yang belakangan sering terjadi peristiwa pohon tumbang menjadi perhatian.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Samarinda Nurrahmani, melalui melalui Kepala Seksi (Kasi) Pemeliharaan Lingkungan Hidup dan Pertamanan Ronny Alfiany mengatakan dengan adanya korban jiwa saat peristiwa pohon tumbang, pihaknya turut berbela sungkawa kepada korban dan diberi ketabahan untuk keluarga yang ditinggalkan.

Terkait perihal korban jiwa yang disebabkan pohon tumbang pihaknya mengaku telah mengasuransikan beberapa titik pohon sesuai wilayah yang dianggap rawan.

“Dari hasil identifikasi pohon serta wilayah dengan tingkat kerawanan yang tinggi, kami asuransikan pohon-pohon tersebut,” ungkap Ronny saat dikonfirmasi Prokaltim.com Kamis (7/4/2022).

Hal demikian merupakan santunan dari DLH melalui klaim asuransi, dengan syarat berdasarkan hasil kronologis dari BAP Polisi yang menyatakan korban murni kecelakaan tertimpa pohon.

“Jadi, bukan pohon tumbang dulu lalu pengendara tertabrak itu bisa dikatakan kecelakan tunggal, seperti kejadian beberapa waktu lalu di Jalan MT Haryono, korban mengalami kecelakaan paska pohon tumbang,” jelas Ronny.

Kalau ada kejadian demikian, tim DLH yang terlebih dahulu menjemput bola untuk ketemu korbannya atau keluarga korban.

Karena tidak semua masyarakat tahu mengenai asuransi dari DLH terkait pohon tumbang yang hingga merenggut nyawa korban.

“Karena kami merasa memiki kewenangan dan tanggung jawab dalam hal tersebut jadi kami turun terjun terlebih dahulu,” ungakapnya.

Hingga saat ini pihak DLH masih melakukan perawatan berupa pemangkasan pohon-pohon yang yang sudah berukuran besar hingga menjukang ketengah median jalan guna mengurangi beban pikat pada tanah. (Psg/adl)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]