Search
Search
Close this search box.

Pasar Mobil Bekas OLX Autos Berperan Mendorong Industri Otomotif Nasional

olx autos
OLX Autos

JAKARTA, PROKALTIM – Ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) telah berakhir beberapa hari lalu. Namun euforia penyelenggaraan pameran otomotif terbesar di Indonesia itu, masih terasa.

Sebagai barometer perkembangan industri otomotif nasional, tak bisa dipungkiri jika GIIAS menjadi magnet merek-merek dunia untuk ikut serta.

Sejumlah pabrikan mobil nasional juga berlomba memamerkan mobil-mobil konsep untuk  menarik minat masyarakat berkunjung. Belasan merek yang selama ini namanya asing di telinga publik tanah air, ikut meramaikan ajang itu dengan kendaraan listrik.

Di luar pabrikan otomotif, platform layanan berbasis teknologi yang menawarkan inovasi terkini dalam transaksi jual beli mobil bekas, OLX Autos Indonesia turut ambil bagian.

Marketplace mobil bekas terbesar di Indonesia itu menjadi official trade in partner untuk kedua kalinya.

Selama gelaran pameran otomotif terbesar di Indonesia tersebut, OLX Autos memberikan kemudahan kepada konsumen yang ingin menjual mobilnya dengan proses yang aman, nyaman, mudah, dan cepat.

“Proses jual mobil dapat dilakukan secara instan dan aman hanya dengan melakukan 3C yaitu cek harga, cek kondisi mobil, dan cek rekening di website OLX Autos,” kata COO OLX Autos Indonesia Hendri Tadjuni.

Baca juga  Penjualan Lesu, Produsen Otomotif Perang Diskon Harga Mobil di Akhir Tahun

OLX Autos memberikan kemudahan, inovasi dan layanan terbaik bagi konsumen yang ingin menjual mobil mereka atau tukar tambah dengan mobil baru.

“Upaya ini sebagai bentuk komitmen dan kontribusi perusahaan untuk terus memperluas dan memperkuat ekosistem tata niaga industri otomotif di dalam negeri,” kata Hendri.

Menilik kinerja perusahaan, berdasarkan data internal OLX Autos, OLX Autos telah berhasil melayani lebih dari 5 juta pelanggan dan pangsa pasar OLX Autos dari sisi penjual per Juni 2022 naik hingga 300% dibandingkan dengan sejak awal berdirinya OLX Autos pada pertengahan 2020.

Adapun, dengan keikutsertaan OLX Autos di GIIAS 2022 diharapkan bisa lebih meningkatkan pangsa pasar perusahaan sekaligus menjangkau lebih banyak konsumen yang secara tidak langsung dapat berkontribusi dalam mendorong ekosistem industri otomotif nasional. Dapat dikatakan, dengan menjual mobil di OLX Autos, persediaan mobil bekas akan lebih banyak sehingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia.

Jika melihat situasi industri otomotif nasional, secara perlahan-lahan industri ini mulai bangkit usai terpuruk akibat dampak dari pandemi Covid-19 yang terjadi sejak awal 2020. Situasi tersebut tentu membawa dampak besar pada industri ini. Namun, kini Gaikindo melihat pemulihan yang luar biasa.

Baca juga  Pelat Nomor Putih Diterapkan Bulan Depan, Ini Kendaraan yang Diutamakan

Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara mengatakan pemulihan industri otomotif tidak akan terjadi tanpa kolaborasi dari seluruh pemain di industri ini.

“Selama masa pandemi Covid-19, para pemain industri nasional telah bersama-sama mendorong pemulihan industri otomotif secara keseluruhan, termasuk kinerja penjualan mobil baru. Kehadiran OLX Autos pada ajang GIIAS selama 2 tahun ini sebagai trade in partner berkontribusi terhadap penjualan mobil baru di GIIAS karena dengan pelayanan yang mereka berikan, sangat memudahkan konsumen yang ingin membeli mobil baru,” kata Kukuh.

Kukuh menambahkan bahwa secara jangka panjang, bentuk kerja sama ini secara tidak langsung dapat memberikan penguatan pada industri otomotif yang akan berdampak pada penguatan perekonomian di Indonesia.

Ia menyebut kontribusi industri otomotif terhadap perekonomian negara sebesar 20% pada sektor non-migas, yang mana sektor non-migas itu berkontribusi 18% dari total GDP (gross domestic product).

“Pasar mobil bekas seperti OLX Autos sangat dibutuhkan. Jika seluruh pemain berkolaborasi, ekosistem industri ini akan semakin kuat dan perekonomian kita juga akan terus meningkat,” jelas Kukuh. (*ato)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]