Search
Search
Close this search box.

Pelukis Balikpapan Cadio dan Marty Hadiri Pameran Lukisan Nasional di Palu

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Puncak peringatan bulan gemar membaca dan hari kunjung perpustakaan dirangkai dengan peringatan 4 tahun bencana alam gempa bumi Tsunami dan Liquifaksi yang terjadi di Palu, Sigi dan Donggala, tahun 2022.

Pameran lukisan nasional yang bertajuk ART Literacy Exhibition Berkarya Bersama Bangkit Bersama, yang digelar di ruang perpustakaan jalan Banteng, Birobuli Selatan, Provinsi Sulawesi Tengah, pada 28 September sampai dengan 31 Desember 2022.

Sebanyak 15 seniman lukis dari berbagai kota, yaitu M Febriandy dari Palu, Tini Jameen dari Yogyakarta, Jaya Masloman dari Manado, I Gede Sukana dari Bali, Jeffry Wattimena dari Bitung, Zam Kamil dari Makassar, Dwi Kartika dari Magetan, Fandhy Rais dari Gorontalo, Marty dari Balikpapan, Choirudin dari Yogyakarta, Cadio Tarompo dari Balikpapan, Nyoman Suciptayasa dari Parigi, Deni Katili dari Manado, Albertoes Papiek dari Yogyakarta, Zulkifli Radjamuda dari Palu.

Untuk itu, dua seniman lukis Kota Balikpapan di undang, yakni Cadio Tarompo dan Marty serta ada 3 lukisan yang akan dipamerkan dan sudah dikirim ke Palu diajang gelar tersebut.

Pelukis dari anggota Lamin Senirupa Balikpapan (Lipan) dan Ketua Bidang Seni Rupa HIEKRAF, Ariyadi sapaan akrabnya Cadio Tarompo mengatakan, konsep karyanya, refleksi diri dari apa yang dilihat, dengar, rasakan dan dia pikirkan. Seperti biasa pihaknya akan kombain lukisan, dengan warna negatif atau klise foto. Ada 3 masa dalam karyanya yakni pertaman saat Bencana alam dengan warna klise, jugs saat sekarang dengan warna normal dan saat yang akan datang di kota Palu tahun 2042 dengan warna negatif atau klise.

Baca juga  Sambut Ramadan, 100 Mesjid Disemprot Disinfektan

“Bencana yang terjadi di Palu, Sigi dan Donggala berupa Gempa, Tsunami dan Liquifaksi merupakan bencana nasional yang akan menjadi catatan sejarah duka yang tak akan terlupakan. Dibalik duka tentunya ada hikmah, salahsatunya menjadikan pelajaran buat anak cucu kita nanti yaitu upaya penanggulangan bencana yang lebih baik,” kata Cadio, kepada awak media, pada Selasa (27/9/2022).

Cadio yang juga pengurus Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Kaltim. Anggota Dewan Kesenian Daerah Kaltim, dan anggota Lipan.

Sementara Marty salah satu pelukis wanita Balikpapan, yang juga pengurus KSBN Balikpapan bidang senirupa dan Anggota Lipan mengatakan, konsep Karya gemar membaca dapat membuat otak berfikir lebih kritis dan dapat menganalisa masalah yang sedang kita hadapi.

Dikesempatan ini pihaknya mencoba menghubungkan antara literasi dan bencana Gempa, Tsunami dan liquifaksi 4 tahun silam di Palu, Sigi dan Donggala.

“Dengan adanya literasi bencana diharapkan bisa membantu lembaga swasta, komunitas warga, swadaya masyarakat, pemerintah daerah bahkan pemerintah pusat dalam membangun pemahaman dan kesiapan atau kecakapan ilmu kebencanaan. Dengan harapan bisa menjadi media untuk mengurangi resiko bencana,” kata Marty yang juga istri dari Cadio Tarompo.

Biodata:
Nama Artist : Cadio Tarompo
Nama Asli : Ariyadi
Tempat Tgl Lahir : Bone, 27 JULI 1971
Pendidikan : Otodidak
Alamat : Jl. P. Antasri, Gg. Kesatuan RT. 55 No. 37 Gn. Kawi. Sumber Rejo Balikpapan Tengah
Telp. 0816333301. e-mail ; cadiotarompo@gmail.com
www.cadiotarompo.blogspot.com
PENGHARGAAN;
1. 1995, Juara I Lomba Lukis Model se Kal-Tim
2. 2008, Finalis Jakarta Art Award.
3. 2010, Finalis Indonesia Art Award.
4. 2011, Finalis OUB Buana Painting Of The Year 2011
5. 2015, Finalis Mandiri Art Award 2015 (10 Besar)
7. 2018, dari Walikota Balikpapan (Warga Pelopor Bidang Pariwisata HUT 121 Kota Balikpapan). Dan masih banyak penghargaan lainnya.

Baca juga  IKN Membangun Ekraf di Kaltim, Khususnya Kota Balikpapan, Hetifah Sjaifudin: Menyiapkan Diri Menghadapi IKN

Sejak tahun 1993 aktif pameran bersama di dalam maupun di luar Negeri
Diantaranya, Wu Han China, Malaysia, Singapura, Hongkong, Vietnam dan Berlin Jerman

Judul G 42 (Generasi tahun 2042)
Media Akrilik di kanvas
Ukuran 80 x 80cm
Tahun 2022

Biodata
Nama : Marty
TempatTgl Lahir : 5 September 1972
Pendidikan : Otodidak
Alamat : : Cadio Art Studio. Jl. Pangeran Antasari. Gg. Kesatuan. RT.55 No.37 Gn. Kawi,
Sumber Rejo Balikpapan 76124
Telpon: 085820333556 email: martytarompo@gmail.com

Penghargaan:
2018, Juara 1 Lomba Lukis Pejuang Tingkat Kodam Mulawarman Kaltim Kalsel.
2017, Penghargaan dari Walikota Balikpapan dalam partisipasi
Melukis Mural Destinasi Rumah Warna Warni

Pengalaman Pameran
Aktif Pameran mulai tahun 2002 sampai sekarang diantaranya;

Tahun 2022 Pameran Cinta Panorama Indonesia di Hotel Grand Rohan, Yogyakarta, tahun 2021 Pameran Cadio Art Studio pada Pekan Kreatif Kaltim, Samarinda, Pameran Bertiga dalam Festifal Budaya Dayak Kenyah, Balikpapan. Tahun 2019 Pameran Wajah Indonesia di Istora GBK, Senayan Jakarta, Pameran Besar Seni Rupa 7 “Kayuh Baimbai” di Samarinda.
Dan Tahun 2015 Pameran Festival Danau Matano, Soroako Lutim, Pameran Trajectory “MAKASSAR BIENNALE 2015 ” di Makassar serta Pameran Nusantara “ART-CHIPELAGO” di Galeri nasional Indonesia, Jakarta

Judul : Mitigasi
Media : Cat akrilik di kanvas
Ukuran : 80 x 80 cm
Tahun : 2022

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]