Search
Search
Close this search box.

PTMB Siapkan 2 Unit Mobil Kecil untuk Angkut Limbah Tinja

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) telah menyiapkan unit mobil kecil dan berencana akan melakukan pengadaan kendaraan roda tiga untuk mengakut limbah tinja di pemukiman warga. Hal ini terungkap dalam Sosialisasi Program Layanan Lumpur Tinja (L2T2) atau sedot septic tank di Aula Kantor Kelurahan Karangjoang, pada Rabu (9/11/2022).

Kabag IPAL PTMB Sungkowo mengatakan, untuk masuk ke kawasan pemukiman dengan gang sempit, pihaknya sudah memiliki dua unit mobil kecil.

“Sedangkan untuk kendaraan roda tiga untuk pengangkut limbah tinja ini kita masih pelajari kemungkinan seperti di Kota Malang, karena kondisi tempat kita ini berbukit,” ujarnya.

Sungkowo mengatakan, program L2T2 ini disosialisasikan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat maupun pelanggan tentang pentingan pengelolaan limbah tinja.

“Pasalnya, pelanggan air minum itu di aturannya ada SK direksi, tentang juga kewajiban untuk menjadi pelanggan program L2T2,” jelasnya.

Baca juga  VIDEO Hotel Neo+ Balikpapan Suguhkan Kuliner Ayam Singkawang di Akhir Tahun

Khusus untuk sambungan baru, sambungnya, wajib menjadi peserta LT2T. Program tersebut sudah mulai digaungkan sejak 2018. Hanya saja terbentur untuk sosialisasi akibat pandemic Covid-19.

“Kemarin Sudah di Lamaru dan tahun ini di karangjoang. Karena Sebagian besar pelanggan kita di Karang Joang ini sudah hamper 2 ribu sambungan,” ungkapnya.

Dalam sosialisasi tersebut juga dijelaskan,bagaimana septic tank yang benar. Karena hamper 70 persen pelanggan PDAM tidak memiliki lubang septic tank yang standar, hanya lubang angin

“Karena pelanggan kami 70 persen khususnya L2T2 tidak memilik akses lubang, hanya lubang angin dan juga tidak standar,” ujarnya

Menurutnya, jika septic tank tidak standar maka bisa diusulkan ke Pemerintah Pusat sehingga dibuatkan septic tank yang standar. Khususnya masyarakat berpenghasil rendah (MBR).

“Kalau tidak standar arahkan ke Kementerian PUPR, disana juga ada MBR, sanitasi pembangunan septic tank individual secara gratis program Pusat,” ujarnya.

Baca juga  Jokowi Dijadwalkan Kunjungan ke Kaltim, Enam SSK Korps Brimob Kaltim di Siagakan

“Jadi sosialisasi ini sangat penting karena merubah dari kebiasaan. Kalau tidak sosialisasi orang tidak paham manfaatnya apa. Inikan Kesehatan. Didukung OPD yang lain,”

Soal biaya sedot septic tank, dia menyatakan, sudah paling murah. Bahkan diangsur hingga beberapa tahun. Dimana kalau swasta itu untuk satu kali sedot septic tank Rp 600-70 ribu.

“Kalau pembayarannya kita ada kemudahan kita menjadi satu dengan tagihan air minum, jadi tidak perlu repot kita membayar,” ujarnya.

“Kalau kita itu dicicil setiap bulan itu Rp 9.500, dimasukkan di komponen penagihan air minum. Hingga 3-4 tahun cuma hanya Rp 465 ribu, lebih murah, tidak membayar secara langsung,” ujarnya.

Sosialisasi ini menghadirkan Perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes). Termasuk sekitar 50-an RT di Karang Joang. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]