Search
Search
Close this search box.

10 Mobil Baru di IIMS 2023

10 Mobil Baru di IIMS 2023

PROKALTIM – Sejumlah mobil baru diperkenalkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Masyarakat yang tertarik dapat melihat langsung dengan menyambangi stan masing-masing merek pada pameran ini.

Sebagian mobil baru ini sudah bisa dipesan publik dan di antaranya mendapatkan tawaran khusus selama IIMS 2023. Sementara model lainnya masih berupa konsep yang merupakan cikal bakal mobil baru di masa depan.

Berikut daftar mobil baru yang diperkenalkan pada IIMS 2023:

Suzuki Grand Vitara (foto : */net)

1. Suzuki Grand Vitara
Generasi terbaru Grand Vitara melantai untuk kali pertama di IIMS 2023. Mobil ini didatangkan dari India dan tersedia dua tipe yaitu GX -AT dan GL-AT.

Mobil dilengkapi mesin K15C Dual Jet 4 silinder 1.462 cc dan disertai teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki). Sistem hybrid mengandalkan dua komponen utama sebagai pendamping mesin pembakaran internal, yaitu ISG (Integrated Starter Generator) dan baterai litium ion.

Mesin yang dikencani transmisi otomatis 6 percepatan tersebut menghasilkan tenaga 103 PS pada rpm 6.000 dan torsi 136,8 Nm pada rpm 4.400.

Soal harga, Suzuki berjanji akan mengumumkannya dalam waktu dekat.

Suzuki S-Presso (foto : */net)

2. Suzuki S-Presso
Selain Grand Vitara terbaru Suzuki turut meluncurkan penyegaran S-Presso. Mobil kecil yang juga berasal dari India ini mendapat penyegaran melalui teknologi ESP (Electronic Stability Program), dan Hill Hold Control.

Kemudian kini pengaturan spion juga mendapat sentuhan baru menggunakan electric mirror.

S-Presso sekarang dibekali ISOFIX dan head unit layar sentuh 7 inch yang dapat dikontrol melalui audio steering switch, serta terdapat smartphone linkage untuk memudahkan pengendara berkomunikasi tanpa menyentuh perangkat telpon.

Dari sektor dapur pacu, kini S-Presso menggunakan mesin baru berkode K10C berkapasitas 1.000 cc yang menghasilkan performa sebesar 49 KW/5.500 rpm dan torsi 89 Nm/3.500 rpm.

Tenaga tersebut tersalurkan melalui dua pilihan transmisi yaitu 5-speed manual transmission (MT) dan 5-speed AGS (Auto Gear Shift). Mobil ini juga memiliki fitur engine auto start-stop.

New S-Presso dijual Rp168,3 juta untuk varian MT dan Rp178,3 juta versi AGS.

Subaru WRX (foto : */net)

3. Subaru WRX
Subaru meluncurkan ikon mobil reli di Indonesia melalui produk WRX yang tersedia dalam dua versi, yakni sedan dan wagon.

Sedan ini dibekali mesin Boxer 2,4 liter turbo yang menghasilkan tenaga 275 PS dan torsi 350 Nm.

Ada dua tipe transmisi WRX yakni manual 6 kecepatan dan otomatis 8 kecepatan Subaru Performance Transmission (SPT), dengan konfigurasi sistem penggerak empat roda.

Subaru memasarkan WRX mulai Rp849,5 juta – Rp949,5 juta dan WRX Wagon Rp975,5 juta – Rp1,029,5 miliar.

Esemka Bima EV (foto : */net)

4. Esemka Bima EV
Merek lokal Esemka meluncurkan mobil listrik bernama Bima EV yang memiliki dua varian yakni blind van dijual Rp540 juta dan passenger van Rp540 juta.

Mobil listrik pertama Esemka itu dibekali motor penggerak TM4018 tipe permanent magnet synchronous motor. Baterai yang digunakan Termary ion – Lithium 350,4 volt, berkapasitas 49,1 kWh, berdaya 40 kW dengan waktu pengecasan 1 jam (quick charge) dan 8 jam (slow charge).

Baca juga  Ratusan Bikers Moge dari Seluruh Indonesia Gelar Gala Dinner, Rangkaian HUT IMBI Ke-35 di Kota Balikpapan

Tenaga maksimal yang dapat dihasilkan mobil ini 75 kW dan torsi 165 Nm untuk menggerakkan roda belakang. Kecepatan maksimalnya dibatasi 100 km per jam sedangkan jarak tempuhnya 300 km.

Hyundai Creta Black Edition (foto : */net)

5. Hyundai Creta Black Edition
Hyundai Creta Dynamic Black Edition diluncurkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Varian baru Creta yang dijual Rp350 juta tersebut hadir dengan tampilan serba hitam.

Varian ini telah menggunakan sejumlah aksesori baru pada sisi depan melalui Black Front Grille yang dilengkapi lampu Parametric Jewel Hidden-Type DRL dan juga Black Front Grille Garnish.

Kemudian terdapat emblem dengan Dark Monochrome Front H-emblem. Lalu sisi bawah, terdapat Black Front Bumper Garnish dan Black Front Body Kit.

Untuk memberikan pencahayaan optimal saat berkendara, mobil ini disematkan LED Multi Focus Reflector (MFR) Headlamps pada bagian depan, dan juga LED Rear Combination Lights pada bagian belakang.

Sementara sisi samping, Creta menggunakan tampil serba hitam dengan Black C-Pillar Garnish dan Black Roof Rail yang terdapat pada bagian atap mobil. Kemudian peleknya menggunakan ukuran 17 inci warna hitam.

Dari segi performa, Creta Dynamic Black Edition tetap mengadopsi mesin bensin 1.500 cc yang dilengkapi teknologi Hyundai Intelligent Variable Transmission (IVT).

DFSK Gelora E (foto : */net)

6. DFSK Gelora E
Sokonindo Automobile (DFSK) mengumumkan mobil listrik niaga DFSK Gelora E kini sudah diproduksi lokal. Harganya saat ini mulai Rp350 juta yang berarti turun Rp134 juta dari unit impor CBU.
Sebelumnya DFSK menjual Gelora E yang diimpor CBU dari China seharga mulai Rp484 juta. Mobil ini pertama kali meluncur pada April 2021.

Mobil ini dibekali motor listrik 30 kWh yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 60 kWh dan torsi 80 Nm. Baterai yang digunakan lithium iron phosphate 42 kWh yang diklaim sanggup dipakai sampai 300 km.

Di Indonesia, Gelora E bersaing langsung dengan Esemka Bima EV.

Wuling Alves (foto : */net)

7. Wuling Alvez
Wuling Indonesia resmi meluncurkan Alvez untuk meramaikan segmen SUV lima penumpang di Tanah Air. Mobil tersebut dibanderol jauh lebih terjangkau daripada kompetitornya, yakni Hyundai Creta maupun Honda HR-V.

Alvez dijual tiga varian mulai Rp209 juta hingga 295 juta. Sementara Creta kini dipasarkan mulai Rp291,3 juta – Rp408,3 juta, sedangkan HR-V dijual mulai dari Rp375,9 juta sampai Rp529,9 juta.

Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.350 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.610 mm. Sementara eksteriornya ditunjang LED DRL, LED pada lampu utama dan lampu belakang. Sementara peleknya menggunakan ukuran 16 inci.

Alvez juga sudah menggunakan electric sunroof untuk memberi kesan berbeda pada penghuni kabin.

Selain itu mobil tersebut juga memiliki teknologi Wuling Indonesian Command (WIND) dan Internet of Vehicle (IoV). Kemudian terdapat fitur keselamatan yakni Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Alvez yang sudah diproduksi di Indonesia ini menggendong mesin bensin NA 1.485 cc yang dapat menyemburkan 105 hp pada 5.800 rpm dan torsi 143 Nm pada 4.000- 4.600 rpm. Mesin tersebut memiliki dua pilihan transmisi, yakni manual enam percepatan dan otomatis berjenis CVT.

Baca juga  Luncurkan Mobil Listrik Toyota bZ3, Tempuh Jarak Jakarta-Yogya
Toyota Corolla Cross Hybrid GR Sport(foto : */net)

8.Toyota Corolla Cross Hybrid GR Sport
Toyota Corolla Cross Hybrid GR Sport resmi dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp602,1 juta. Penyematan emblem GR Sport membuat Corolla Cross tampil beda dari model standar.

Sejumlah aksesori juga membuat mobil ini memiliki konsep lebih sporty. Selain menyuguhkan tampilan berbeda, varian tersebut juga punya fitur baru yakni paket fitur keselamatan Toyota Safety Sense.

Mobil ini dikatakan bukan untuk dijual terbatas. Mobil yang diimpor utuh dari Thailand itu bakal dipasok sekitar 150 unit sebulan, 30-40 persen GR Sport.

Chery Omoda 5 (foto : */net)

9. Chery Omoda 5
Chery tidak meluncurkan mobil baru pada IIMS 2023. Perusahaan hanya mengungkap harga pre booking Omoda 5 pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

SUV lima penumpang ini akan memiliki dua varian yakni Z Rp328 juta dan RZ dijual Rp398 juta.

Peluncuran mobil ini kemungkinan dilakukan pada April 2023.

Mitsubishi XFC (foto : */net)

10. Mitsubishi XFC
XFC merupakan mobil konsep yang versi produksinya akan masuk ke dalam segmen SUV lima penumpang. Indonesia menjadi negara kedua yang memamerkan mobil konsep ini setelah Vietnam.

Mobil ini dikatakan punya peningkatan handling lantaran dibekali kombinasi ground clearance tinggi dan roda diameter besar.

Kemudian desain bagian depan menganut konsep dynamic shield seperti mobil baru Mitsubishi lainnya. Lampu utama berbentuk ‘L’ berada di atas daytime running light bertumpuk sehingga saat menyala akan tampil seperti huruf ‘T’.

Karakter SUV dipertegas melalui flare fender walau mobil konsep ini tak punya roof rail.

Belum ada pembahasan mengenai spesifikasi mengingat riset terkait mobil ini untuk pasar Indonesia masih berjalan. Ada kemungkinan versi produksi dirilis 2024.

Industri otomotif di Indonesia mulai keluar dari jerat keterpurukan semasa pandemi Covid-19. Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pembukaan acara ini berterima kasih pada industri otomotif yang sudah tumbuh, terutama pada 2022.

Jokowi mengatakan penjualan mobil baru 2022 tumbuh 18 persen menjadi 1,048 juta unit. Dia menyatakan otomotif Indonesia punya prospek cerah, penjualan kendaraan disebut tumbuh setiap tahun.

Meski begitu Jokowi mengingatkan penjualan besar bikin macet dan mengajak pelaku industri jualan ekspor ke luar negeri.

Pada penyelenggaraan tahun ini IIMS 2023 diikuti lebih dari 165 merek, 45 di antaranya merupakan mobil dan motor.

Peserta pada tahun ini yaitu BMW, Chery, DFSK, Honda, Hyundai, Mitsubishi, MG, Subaru, Suzuki, Toyota dan Wuling hingga Indomobil Group yang menghadirkan lima brand yaitu Audi, Citroen, KIA, Nissan, Volkswagen (VW), serta Esemka.

Selanjutnya merek roda dua yaitu Astra Honda Motor, Benelli-Keeway, Energica, Husqvarna, Italjet, KTM, Niu, Royal Alloy, Royal Enfield dan Yamaha.

Sedangkan merek kendaraan listrik roda dua diikuti Gelis, Ion Mobility, Rakata, Selis dan Smartby. Merek baru Yadea yang berada di bawah Indomobil Group juga akan berpartisipasi.

IIMS 2023 juga mendapat dukungan dari Danamon, Adira dan MUFG sebagai Official Bank Partner dan Official Multifinance Partner.

Industri otomotif disebut sebagai salah satu indikator utama permintaan konsumen di dalam negeri. Presiden Direktur Danamon Indonesia Yasushi Itagaki menyebut IIMS 2023 menjadi momentum baik buat pertumbuhan otomotif ke masa sebelum pandemi. (*/net)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]