Search
Search
Close this search box.

Terkait Kemacetan Kota Balikpapan, Alwi: Sudah Waktunya Balikpapan Punya Fly Over

Terkait Kemacetan Kota Balikpapan, Alwi: Sudah Waktunya Balikpapan Punya Fly Over

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Kemacetan di Balikpapan mulai merambah ke sejumlah ruas jalan, hampir disemua titik. Seperti simpang BSCC Dome Balikpapan hingga Jalan Soekarno Hatta.

Terlihat pantauan pada pagi dan sore hari di kawasan Karang Anyar, juga di Jalan Soekarno Hatta Km 5, Batu Ampar, Balikpapan Utara dan volume kendaraan cukup padat.

Juga terlihat dari arah utara sampai ke Timur, dimana didominasi dengan kendaraan roda dua dan kendaraan besar dan kendaraan cukup tersendat lantaran adanya proyek jalan, pipa dan lainnya.

Ketua Komisi III DPRD Kota Balikpapan, Alwi Al Qadri meminta agar Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan untuk segera mengambil tindakan untuk mengantisipasi kemacetan di kota Balikpapan.

Baca juga  Rapat Paripurna, Sahkan Raperda P-APBD 2022 Menjadi Perda

“Kalau bisa hampir semua titik kemacetan semua akan diusulkan, ketika ada pembahasan anggaran di Badan Anggaran (Banggar) nantinya,” ujarnya, kepada awak media, pada Senin (6/3/2023).

Terkait hal itu, Alwi juga mengatakan, kemacetan sudah dirasakannya sejak 3 bulan terakhir. “Kemacetan di Balikpapan sudah saya rasakan sejak 3 bulan terakhir,” ungkapnya.

Lanjut Alwi, selain adanya proyek di Balikpapan seperti RDMP Pertamina dan proyek DAS Ampal, namun tanda-tanda kemacetan di Balikpapan sudah mulai terasa.

Dia juga mengingatkan pemerintah agar mulai berfikir ke depan untuk mengantisipasi kemacetan di 2 sampai dengan 5 tahun mendatang, mengingat banyaknya penduduk yang akan masuk ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara melalui kota Balikpapan.

Baca juga  Satu Dekade POAK Berjuang, Akan Melaksanakan Aksi Besar Pada 15-21 September 2023 POAK Kembali Menggelar Aksi Demo Besar-Besaran

“Kemacetan bukan hanya terjadi di beberapa titik ruas jalan di kota Balikpapan saja, melainkan kemacetan sudah hampir terjadi dimana-mana,” ucapnya.

Sementara itu, menurut Alwi, pembangunan fly over (Jalan Layang) di Balikpapan untuk saat ini mungkin dirasa perlu untuk mengatasi kemacetan. Mengingat kota Samarinda sudah menggunakan fly over untuk mencegah kemacetan.

“Saya rasa pembagunan fly over itu harus sudah mulai di pikirkan untuk mengantisipasi kemacetan di 2 sampai dengan 5 tahun mendatang,” ucap Alwi.

“Pembangunan fly over terkendala dengan anggaran Balikpapan, karena pastinya menggunakan anggaran yang besar, sementara kota Balikpapan tidak memiliki anggaran itu, sebab itulah semoga ada bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim,” pungksanya. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

2 thoughts on “Terkait Kemacetan Kota Balikpapan, Alwi: Sudah Waktunya Balikpapan Punya Fly Over”

  1. Memang benar untuk mengatasi kem2acetan satu2nya y dg flay over. Krn pengembangan jln dg cara melebarkan badan jln tdk mungkin mengingat jln di bppn ini rata bersisi tebing.

  2. Benar sekali pak Balikpapan saat ini sangat macet di daerah Manggar sampai Batakan juga demikian ,klo kelura rumah sekitar jam makan siang dan jam pulang kerja..macet parah pak

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]