Search
Search
Close this search box.

Laporan BMH Kaltim, Maret 2023 9 Hari, 4000 Lebih Penerima Manfaat

Laporan BMH Kaltim, Maret 2023 9 Hari, 4000 Lebih Penerima Manfaat

PROKALTIM – LAZNAS Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Kaltim merilis laporan bulanan rutin sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban kepada ummat.

Pada Maret 2023, yang pada akhir bulan sudah memasuki Ramadhan, menempatkan Program Buka Puasa Berkah sebagai unggulan program dengan 4.216 orang penerima manfaat. Artinya, dalam kurun kurang dari 10 hari puasa, ada lebih dari 4000 penerima manfaat program.

Diketahui, program kebaikan BMH yang mengusung tagline “Ramadhan Bukti Nyata Kebaikan” memang menyasar beragam lapisan sosial masyarakat yang membutuhkan bantuan, dari petani, dhuafa, da’i hingga santri.

Bantuan donatur melalui Program Beras Santri yang disalurkan ke pesantren binaan tercatat menyasar 494 santri sebagai penerima manfaat.

“Alhamdulillah, program beras santri menjadi agenda tetap dan rutin meski di luar Ramadhan. Tekad kami, penyaluran beras sebagai kebutuhan pokok konsumsi santri harus terus berjalan membantu mereka belajar dan menghafal Al-Qur’an karena para santri umumnya dari kalangan yatim dhuafa,” jelas Kadiv Program dan Pendayagunaan BMH Hardi Rukmantara.

Baca juga  Digeruduk Ormas, Karyawan Ocean'S Resto Balikpapan Butuh Keamanan, Buntut Perselisihan Kepemilikan Saham

Pada Program Beasiswa Anak Indonesia, ada manfaat signifikan yang diterima 446 anak untuk bantuan pendidikan mereka demi bisa menggapai cita-citanya.

Di segmen pengembangan dakwah Islam hingga pedalaman, BMH memberi atensi khusus kepada para kader da’i, melalui program Beasiswa Kader Da’i dan memberi manfaat 371 orang di program ini.

Dijelaskan Hardi, program lain seputar beasiswa ada Santunan Guru Hebat kepada 271 orang dan Kafalah Da’i menyasar 325 orang.

PROGRAM RAMADHAN BERLANJUT
Sementara santunan berbentuk bantuan, zakat maupun sembako disalurkan melalui Program Jum’at Berkah (tersebar ke 617 orang penerima manfaat), Sahabat Tunanetra (27 orang), Bingkisan Berkah Ramadhan (414 orang), Senyum Yatim Dhuafa (85 orang) dan Ekspedisi Kebaikan Zakat (835 orang) dan memberdayakan Mustahik Binaan dalam program Dapur Ibu Hebat (2 orang).

Baca juga  Budiono Mundur dari Bacalon Wakil Wali Kota Balikpapan

“Karena bulan suci masih berjalan, maka program-program Ramadhan masih berlanjut dan terus kami gencarkan. Semoga bisa dirasakan manfaatnya ke sebanyak mungkin orang. Jazakallah untuk semua pihak yang terlibat dan membantu, juga atas keterlibatan donatur dan stakeholder dalam program-program BMH,” tambah Hardi.

Di luar itu, selama Maret 2023 terlaporkan juga Program Layanan Kesehatan & Ambulance (4 orang), Wahana Dakwah (91 orang), Rumah Baca (70 orang), Rumah Qur’an (81 orang), Tebar Al-Qur’an (100 penerima manfaat), Bersih-bersih Masjid (250 orang) serta program Peduli Bencana Nusantara (25 orang).

“Alhamdulillah. Jika diakumulasikan dari seluruh program yang berjalan, total ada 8.724 penerima manfaat.

Kami berterima kasih pada seluruh sahabat kebaikan dan terus mengajak siapapun untuk menyalurkan zakat, infak dan sedekah melalui BMH agar bisa tersalurkan tepat sasaran melalui beragam program sesuai keperluan,” tandas Hardi Rukmantara. (*)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]