Search
Search
Close this search box.

Balikpapan Menyapa Edisi Hardiknas Jadi Wadah Komunikasi Pemkot dengan Masyarakat Soal Program Prioritas

Balikpapan Menyapa Edisi Hardiknas Jadi Wadah Komunikasi Pemkot dengan Masyarakat Soal Program Prioritas

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Sebagai bentuk komunikasi sosial dengan Warga Kota Balikpapan terkait program-program prioritas, pemerintah kota menggagas program Balikpapan Menyapa, yang tayang Selasa (2/5/2023). Ini adalah sebuah program interaktif yang disiarkan langsung di akun YouTube Pemerintah Kota Balikpapan dan bekerja sama dengan Balikpapan Televisi.

Di momen Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) ini, tema yang diangkat yakni program prioritas bidang pendidikan. Menghadirkan narasumber Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud; Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Irfan Taufik dan Kepala Bappeda Litbang, Murni.

“Kegiatan ini juga merupakan pertanggungjawaban pemerintah kota terhadap pelaksanaan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Balikpapan tahun 2021-2026. Yang salah satu misinya adalah mewujudkan sumber daya manusia berkualitas tinggi,” terang Wali Kota Balikpapan.

Balikpapan Menyapa Edisi Hardiknas Jadi Wadah Komunikasi Pemkot dengan Masyarakat Soal Program Prioritas
(foto : to/diskominfo)

Pada dokumen RPJMD Kota Balikpapan tersebut juga tercantum sembilan prioritas pembangunan yang salah satunya adalah peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dan pendidikan.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota menjelaskan, seiring dengan pertambahan jumlah penduduk di Kota Balikpapan, jumlah anak usia sekolah dalam tiga tahun terakhir selalu mengalami peningkatan. Hal ini berbanding terbalik dengan ketersediaan sarana dan prasarana pendukung pendidikan.

Baca juga  KPU Balikpapan Buka Rekrutmen PPS, Komorbid Tak Boleh Daftar PPS

Khususnya ketersediaan ruang kelas. Baik di sekolah negeri maupun swasta yang ada di Kota Balikpapan. Masih terdapat atau jarak antara kebutuhan dengan ketersediaan ruang kelas di Kota Balikpapan.

Di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini masih terdapat jarak sebanyak 380 unit, tingkat sekolah dasar sebanyak 134 unit dan SMP sebanyak 337 unit. “Masih cukup tingginya jarak antara kebutuhan dan ketersediaan ruang kelas ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah kota yang harus segera diselesaikan dalam waktu dekat,” tuturnya.

Sehingga sebagai bentuk komitmen pemerintah kota dalam pengalokasian anggaran pendidikan, setiap dianggarkan minimal 20 persen dari total APBD kota untuk bidang pendidikan. Yang mana alokasi anggaran ini juga mengalami peningkatan dua tahun terakhir.

“Dan diproyeksikan akan meningkat kembali pada APBD tahun anggaran 2023 setelah perubahan,” imbuhnya.

Baca juga  Resmi Dikukuhkan, Wali Kota Apresiasi Peran Penting Bunda PAUD Kecamatan dan Kelurahan di Masyarakat

Di APBD 2023 ini bidang pendidikan mendapat alokasi anggaran sekira Rp866,76 miliar. Sebesar 52 persen dialokasikan untuk program prioritas dan 48 persen dilokasikan untuk pembiayaan operasional.

Adapun program prioritas tersebut meliputi, pembangunan unit sekolah baru, pembangunan ruang kelas baru, rehabilitasi atau perbaikan sekolah dan ruang kelas. Kemudian pengadaan perlengkapan pendidikan yang didalamnya terdapat bantuan seragam sekolah kelas I dan VII.

Serta Pendidikan Kesetaraan Paket A & B, subsidi SPP siswa sekolah swasta, juga insentif dan sertifikasi guru sekolah negeri dan swasta. Pemberian beasiswa juga menjadi program prioritas di tahun ini.

“Pembiayaan operasional meliputi, BOSDA negeri dan swasta serta belanja gaji dan tunjangan guru ASN maupun non ASN,” imbuhnya.

Kegiatan talkshow interaktif ini juga dilanjutkan dengan tanya jawab, baik oleh perwakilan masyarakat yang hadir di aula Balaikota Balikpapan maupun menyaksikan melalui kanal YouTube. (to/diskominfo)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]