Search
Search
Close this search box.

Haemusri: Ekspor UMKM Salah Satu Program Prioritas Pemkot Balikpapan

Haemusri: Ekspor UMKM Salah Satu Program Prioritas Pemkot Balikpapan

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Supaya memiliki nilai saing tinggi, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan akan mendorong distribusi produk ekspor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Untuk itu, Kepala Dinas Perdagangan (Disaat) Kota Balikpapan, Haemusri Umar mengatakan, program peningkatan ekspor ini menjadi salah satu program prioritas Pemkot Balikpapan dalam pemberdayaan UMKM.

Dia menyampaikan, yang menjadi pintu ekspor bagi produk UMKM. Dan posisi Kota Balikpapan cukup strategis karena didukung dengan fasilitas pelabuhan laut dan juga bandar udaranya.

“Ini sudah bisa menjadi pintu ekspor. Terbukti, hingga kini sudah beberapa produk yang telah diekspor,” ucapnya, kepada awak media, pada Jumat (26/5/2023).

Haemusri Umar juga menjelaskan, untuk skala provinsi (Kaltim) sendiri ekspor didominasi komoditas minyak dan gas (Migas) maupun nonmigas. Untuk non migas diantaranya, bahan bakar mineral, ekspor lemak minyak hewani atau nabati, produk kimia, dan olahan kayu.

Baca juga  Ketua DPRD Reses di RT 23, Abdulloh : Warga Graha Indah Dukung Program Walikota

Sedangkan untuk Balikpapan ada beberapa jenis produk UMKM yang telah di ekspor yakni, peyek kepiting, tujuan negara Malaysia, Filipina, dan Taiwan. Amplang, negara tujuan Taiwan dan Malaysia. Kopi diekspor ke Timur Tengah dan Vietnam. Kemudian produk perikanan seperti kepiting, udang windu, kerang dara di ekspor ke Tiongkok, Thailand, Singapur. Terakhir ada Rumput laut tujuan ekspor Malaysia.

Menurutnya, pihaknya terus melakukan berbagai upaya meningkatkan kinerja ekspor daerah melalui koordinasi antar lembaga dan eksportir daerah guna mengoptimalkan potensi ekspor dari Balikpapan.

“Selain itu, pelatihan, sosialisasi, dan bimbimgan juga dilakukan. Masalah persyaratan serta kelengkapan dokumen untuk ekspor juga bisa kami bantu,” bebernya.

Haemusri Umar juga mengungkapkan, koordinasi ini diharapkan mampu peningkatan kinerja ekspor daerah. “Kami juga terus mencari informasi terkait apa saja yang menjadi hambatan atau potensi dari para eksportir yang ada di Balikpapan,” ungkapnya.

Baca juga  Hari Bhayangkara ke-77, Kasdam VI/Mlw Berikan Tumpeng Kepada Wakapolda Kaltim

Dia juga menjelaskan, pihaknya bersama OPD terkait serta DKUMKMP juga melakukan optimalisasi peningkatan pelaku usaha. Kegiatan dilakukan seperti pelatihan guna meningkatkan mutu kualitas ekspor.

“Saya berharap pelaku usaha di Balikpapan ini bisa memanfaatkan fasilitas yang ada. Apalagi nilai plus kita, Balikpapan sebagai pintu gerbang Kaltim memiliki bandara dan pelabuhan internasional,” terangnya.

Dia menambahkan, dengan peningkatan ekspor diharapkan mampu memberikan sumbangsih untuk daerah dan meningkatkan pendapatan asli daerah. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]