Search
Search
Close this search box.

Jelajah Makam Pangeran Adji Kemala, Cagar Budaya Kutai Yang Berada di Balikpapan

Jelajah Makam Pangeran Adji Kemala, Cagar Budaya Kutai Yang Berada di Balikpapan

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Selain dikenal dengan wisata pantai. Kota Balikpapan juga memiliki berbagai cagar budaya dan situs bersejarah.

Daerah yang dijuluki dengan sebutan “Kota Minyak” tersebut menyimpan berjuta sejarah panjang dan kisah yang begitu dramatis.

Misalnya, Makam Pangeran Adji Kemala yang tersebut. Itu menjadi bukti otentik bahwa Balikpapan menyimpan berjuta sejarah.

Jika wisatawan ingin menuju ke lokasi bersejarah tersebut, terlebih dulu melewati lorong dan memasuki perumahan warga dan menaiki gunung kemendur

Di areal makam tersebut juga terdapat jalan berpaving blok dan setelah menemukan pamflet bertuliskan situs cagar budaya Makam Pangeran Adji Kemala.

Kendati suasananya begitu sepi, dengan ukuran dan ukiran begitu bervariasi hingga tersusun rapi.

Baca juga  Sambut IKN, Wulandari Bangun Laksana Soft Opening Pentacity Hotel Balikpapan di BSB

Bangunan berwarna kuning dan berbentuk atap juga akan ditemukan oleh pengunjung yang datang ke makam tersebut agar makam tersebut tidak terkena terik cahaya matahari.

Pangeran Adji Kemala Gelar Pangeran Adji Karta Intan yang wafat pada tahun 1908 di Balikpapan. Adji Kemala merupakan anak yang ke – 20 dari Sultan Kutai ke 18, Adji Muhammad Sulaiman, yang memerintah Kerajaan Kutai Kartanegara Ing Marthadipura.

Makam ini ditemukan pada hari Jum’at (19 Februari 2008). Sejak saat itu kawasan Gunung Kemendur, Kampung Pelayaran Kelurahan Perapatan Kecamatan Balikpapan Kota, ramai di kunjungi orang untuk melihat dan menyaksikan langsung. Juru kunci makam Bapak Suroto,

menerangkan bahwa dengan ditemukannya makam tersebut, ini merupakan sebuah fakta sejarah yang tidak bisa di pungkiri.

Baca juga  Sabaruddin Kembalikan Formulir Pilkada Kota Balikpapan ke PDIP

” Apa yang kami lakukan ini, hanya ingin menguak fakta sejarah yang kini terlupakan” katanya.

“Tempat ini, terbuka bagi siapa saja yang mau melakukan ziarah ke makam”, ujar pak Suroto sebagai juru kunci makam. Tapi tentu saja dengan catatan, tidak boleh melakukan hal-hal yang bertentangan dengan norma dan akidah agama, seperti memuja atau meminta hal-hal yang diluar akal sehat. Tandas Pak Suroto lagi.(Far)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]