Search
Search
Close this search box.

SD Negeri 004 Balikpapan Utara Gelar P5 Dibuka Kadisdikbud Kota Balikpapan

SD Negeri 004 Balikpapan Utara Gelar P5 Dibuka Kadisdikbud Kota Balikpapan

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pendidikan (Kadisdikbud) Kota Balikpapan membuka Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar (SD) Negeri 004 Kecamatan Balikpapan Utara.

Gelar Karya P5 yang diselenggarakan SD Negeri 004, dengan mengusung tema Warna Warni Karya dan Seni, yang digelar di halaman SD Negeri 004 Balikpapan Utara, pada Rabu (31/5/2023).

Untuk itu, Kadisdikbud Kota Balikpapan, Irfan Taufik mengapresiasi SD Negeri 004 Balikpapan Utara, pihaknya menyambut positif Gelar Karya SD Negeri 004, yang senantiasa telah melaksanakan kegiatan penerapan Kurikulum Merdeka sehingga murid-murid sangat antusias dan bergembira.

Menurut Irfan, SD Negeri 004 sudah tidak diragukan lagi, prestasinya luar biasa dan tentunya adalah semangat dari peran Bapak, Ibu Guru yang sudah purna tugas masih membersamai kita semuanya.

SD Negeri 004 Balikpapan Utara Gelar P5 Dibuka Kadisdikbud Kota Balikpapan
(foto : to)

“Jadi keberhasilan itu tidak diraih dengan instan, tentu sudah ditanamkan dari awal peran Bapak, Ibu Guru kita yang lalu, tetapi pada hari ini adalah eksekusi yang bagus oleh kepala SD Negeri 004 Balikpapan Utara. Sehingga syarat prestasi dari anak didik kita,” ungkap Irfan Taufik, dalam sambutannya.

“Hari ini juga terdapat cukup banyak stan karya anak-anak kita. Itu bukan sesuatu yang sangat mudah dilakukan serta banyak proses waktu yang cukup panjang dan jika tidak berkomitmen membersamai, tidak mungkin bisa menyaksikan produk anak-anak kita,” ujarnya.

Baca juga  Iwan Wahyudi Pimpin HIPMI Balikpapan

Terkait hal itu, Irfan juga menyampaikan, dunia pendidikan tidak selalu tanggungjawab Pemerintah, para Guru dan kepala sekolah. Tapi ada peran penting dari peran orang tua murid.

Menurutnya, ada 4 komponen penting dalam dunia pendidikan, yakni murid, guru, sekolah dan orang tua murid. “Ini yang paling penting, anak-anak kita bersekolah dari jam 07.30 sampai dengan jam 15.00 Wita. Selebihnya, anak-anak kita ada di rumah berinteraksi dengan orang tuanya, teman-teman dan sahabatnya,” ucapnya.

Irfan Taufik juga menambahkan, ditahun 2023, pihaknya akan mengimplementasikan program Disdikbud Kota Balikpapan yakni aplikasi Kelas Pintar. Dimana orangtua murid punya peran penting di dalam membersamai dunia pendidikan.

“Jadi 4 komponen nanti dalam sebuah aplikasi, akan bisa diketahui oleh orang tua murid, tanpa harus ke sekolah. Lewat aplikasi Kelas Pintar bisa melihat perkembangan anak-anaknya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD 004 Balikpapan Utara, Suratmi mengatakan, P5 itu merupakan implementasi Kurikulum Merdeka yang tahun ini diberlakukan untuk kelas 1 dan 4. Namun pihaknya adakan gelar karya dari kelas 1 sampai dengan 6.

Baca juga  Perdana Cabor Paramotor di PON 2024 Aceh, Kaltim Optimis Raih Emas
SD Negeri 004 Balikpapan Utara Gelar P5 Dibuka Kadisdikbud Kota Balikpapan
(foto : to)

“Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses berkat kerjasama kita semua, dari Ketua komite hingga komite kelas masing-masing yang sudah meramu demikian produk-produk olahan kita,” ungkap Suratmi

Pameran Gelar Karya SD Negeri 004 ada tiga produk, yaitu produk makanan, produk karya siswa dan gelar prestasi siswa. “Kegiatan ini cukup meriah, terimakasih kami bangga sudah dikunjungi Kadisdikbud Kota Balikpapan, pak Irfan Taufik, beserta jajarannya dan 10 alumni Guru SD Negeri 004 Balikpapan Utara,” ujarnya.

Kepala sekolah SD Negeri 004 menginformasikan, untuk Sabtu (3/6/2023) mendatang, kelas 6 akan melaksanakan perpisahan di tempat ini juga (di halaman SD Negeri 004 Balikpapan Utara). “Terimakasih partisipasi kepada Bapak, Ibu ketua komite hingga komite kelas yang sudah terlaksana acara ini,” ucapnya.

Suratmi juga menjelaskan, pembelian di stan gelar produk berupa makanan dan minuman tradisional, tidak menggunakan uang tunai, tapi disiapkan dengan kupon doorprize.

“Kupon doorprize tersebut, bisa dipotong untuk mendapatkan hadiah, yang sudah disiapkan panitia. Sebelumnya kupon dijual dari Senin sampai dengan Selasa dan jumlah yang terjual kurang lebih 1.700 kupon,” pungkasnya. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]