Search
Search
Close this search box.

Ditargetkan Rp 3,5 Miliar PAD Parkir di Kota Samarinda, Kadishub : Optimis Tercapai

Hotmarulitua Manalu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Samarinda. (Ist)

SAMARINDA, PROKALTIM- Pemerintah Kota Samarinda optimis dapat mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 3,5 miliar di tahun 2023 melalui peningkatan pungutan retribusi parkir. Tahun sebelumnya, pada tahun 2022, target sebesar Rp 2 miliar hanya tercapai 80 persen, karena pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Samarinda, Hotmarulitua Manalu, percaya bahwa target PAD parkir tahun ini akan tercapai. Hal ini terlihat dari peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Saat ini, pendapatan PAD parkir sudah mencapai 50 persen. Hal ini disebabkan oleh kembalinya aktivitas masyarakat yang sudah mulai terbuka, tidak seperti tahun lalu yang masih dibatasi,” jelas Manalu. Rabu (28/6/2023)

Baca juga  HANI, Dibuka Presiden Jokowi, Berantas Narkoba, Tingkatkan Rehabilitasi

Salah satu faktor yang mendukung peningkatan pendapatan adalah pembukaan kantong parkir baru di lingkungan Gor Segiri Samarinda. Event-event rutin telah dimulai di sana, yang mampu menghasilkan pendapatan sebesar Rp 7 hingga 10 juta per minggu.

“Terutama saat ada event bola, tingkat penerimaan retribusi parkir meningkat. Namun, tentunya hal ini diiringi dengan berbagai risiko, terutama faktor keamanan,” ungkapnya.

Meskipun demikian, pihak Dishub terus melakukan evaluasi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya terkait parkir di Gor Segiri. Salah satu upayanya adalah dengan melakukan pergantian helm saat seorang pengendara kehilangan helmnya.

“Kita tetap tingkatkan sistem pengamanan di area parkir, seperti adanya kode pada karcis parkir pada pengendara yang menggunakan helm atau tidak akan tertera kode tertentu,” dijelaskannya kembali.

Baca juga  Pria Paruh Baya Sikat 2 Motor Dalam Sepekan, 1 Orang DPO

Manalu berharap, dengan berbagai upaya yang dilakukan dan perbaikan pelayanan yang terus diupayakan, target PAD parkir sebesar Rp 3,5 miliar dapat tercapai pada akhir tahun 2023. Pendapatan tersebut akan digunakan untuk pembangunan dan peningkatan infrastruktur serta pelayanan publik di Kota Samarinda. (Ps)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]