Search
Search
Close this search box.

PPDB Online di Balikpapan Mulai Dibuka 26 Juni, Semua Sistem Online

PPDB Online di Balikpapan Mulai Dibuka 26 Juni, Semua Sistem Online

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Pada Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran baru 2023/2024, sebanyak 12 ribu murid Sekolah Dasar (SD) Negeri yang lulus akan bersaing masuk ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri, dan akan mengisi sekian ratus Rombongan Belajar (Rombel) di masing-masing sekolah yang dituju.s

Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan pada konfrensi pers menyampaikan proses kapan pelaksanaan PPDB pada tahun ini kepada awak media, pada Rabu (14/6/2023) di ruang rapat Pemkot Balikpapan.

Kepala Disdikbud Kota Balikpapan Irvan Taufik mengatakan, hari ini Disdikbud Kota Balikpapan sudah diposisi penguatan sistem dengan PT Telkom juga seluruh sekolah-sekolah baik SD maupun SMP.

Jadwal berikutnya klarifikasi dan validasi untuk di Disdikbud Kota Balikpapan terbagi 4 jalur, yaitu jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur prestasi dan jalur perpindahan orang tua luar daerah. Dan semua divalidasi, dari tanggal 21 Juni sampai dengan 30 Juni 2023.

“Jadi sekarang, jalur prestasi sudah melakukan legalisir. Misalnya, yang prestasi lomba itu digelar Disporapart maka dia legalisir di Disporapart. Kalau lomba itu digelar Disdikbud, baik tingkat Kecamatan atau Kota atau lainnya maka dia legalisir di kantor Disdikbud. Dan jadi yang melegalisir siapa yang menggelar,”

Baca juga  Terkait PTSL, DPRD Soroti Oknum yang Mempersulit Pengajuan Segel dan IMTN

Irvan juga menyampaikan, selama empat hari untuk pendaftaran siswa baru secara online membuka link pendaftaran nanti dimulai 26, 27, 28, dan 30 Juni 2023 dan 29 Juni libur lebaran Idul Adha.

“Kalau Kota Balikpapan, nanti bisa dibuka pada https/// Disdikbalikpapan.go.id, kemudian ada tamplet PPDB Siap Online, jadi karena sistem online ini tidak ada pendaftaran dibuka di sekolah. Dan tetapi di dalam juknis jika yang bersangkutan tidak memahami cara mengisinya, cara uploadnya maka harus ke sekolah yang dituju, nanti ada petugas kita yang membantu,” ucapnya.

Irvan juga menjelaskan, verifikasi dan validasi juga nanti dibuka secara online melalui kanal yang ada di PPDB Siap, kalau dulu verifikasi dan validasi bisa sampai 500 orang perhari yang datang, sekarang kita buat secara online dan bisa diklik PPDB Balikpapan Siap Online.

“Jadi dia sudah tahu kapan pembukaan, hari apa dan tanggal berapa dilayani sehingga tidak mesti ke kantor Disdikbud untuk mencari kapan dilayani untuk dilakukan proses verifikasi,” jelasnya.

Lanjutnya, dimana model verifikasi seluruh tim verifikator baik dari jalur prestasi dari Disdikbud, jalur khusus untuk tahfidz Al-quran dari Kemenag, dan jalur perpindahan dari Disdikbud dan Dinsos apakah masuk di jalur afirmasi.

Baca juga  Komandan Pangkalan TNI AL Balikpapan, Kini Dipimpin Kol Laut Siswo Widodo

“Semua tim verifikator tahun lalu berada di kantornya, tahun ini kita buat desk pelayanan verifiksi semua terpusat di kantor Disdikbud Balikpapan, tim Kemenag juga kami panggil libatkan untuk melaksanakan verifikasi,” jelasnya.

Dia juga menyampaikan, selama ini sertifikat untuk tahfidz Al-quran lembaganya tidak sama dengan juara PON misalnya ada perlombaannya, kalau perlombaan untuk agama Islam hanya di MTQ. Dan berjenjang Kecamatan, Kota dan Provinsi.

“Perlombaan MTQ yakni tahfidz Al-quran, qari, kaligrafi dan lainnya, serta berjenjang. Tidak terlalu sulit mengeluarkan sertifikat, sehingga perlu dilakukan proses verifikasi secara langsung. Misalnya hafal juz 30 maka saat verifkasi akan di tes langsung,” ungkapnya.

Kemudian, kata Irvan, jadwal berikutnya pengumuman jalur zonasi di 1 Juli 2023 kemudian daftar ulang 1-3 Juli 2023, pendaftaran jalur reguler 4-5 Juli, sedangkan untuk pengumuman jalur reguler 6 Juli 2023, dan daftar ulang 6-7 Juli 2023.

Dan kegiatan pasca proses PPDB, pada 10 Juli hari pertama masuk sekolah di tahun ajaran baru, kegiatan di SMP pengenalan lingkungan sekolah dan untuk SD cukup lama mulai 10-22 Juli 2023. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]