Search
Search
Close this search box.

200 Karyawan PT Samekarindo Indah Samarinda Aktivasi Identitas Kependudukan Digital

200 Karyawan PT Samekarindo Indah Samarinda Aktivasi Identitas Kependudukan Digital
Karyawan PT Samekarindo Indah Samarinda, telah melakukan aktivasi aplikasi IKD. (Foto: PS)

SAMARINDA,PROKALTIM – Kehadiran aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) telah menjawab keresahan masyarakat khususnya di Kota Samarinda, termasuk Leli Zuwirta, yang merupakan pimpinan dealer resmi produk otomotif Suzuki PT Samakarindo Indah Samarinda.

Bagi Leli, kehadiran IKD merupakan solusi tepat untuk mengatasi kesibukan sehari-hari. Pengalamannya sendiri saat salah satu pegawainya jatuh sakit dan harus melakukan pengobatan di luar kota, tepatnya Samarinda – Jakarta, menjadi momen berharga. Sayangnya, dalam perjalanan tersebut, karyawannya tersebut kehilangan Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan mengurus penerbitan ulang KTP tersebut menjadi sangat sulit. “Karna kan harus bolak-balik hingga ke kepolisian untuk mengurusnya, itu sangat merepotkan,” ungkap Leli saat ditemui di ruang kerjanya pada Rabu, 12 Juli 2022.

Pada waktu luangnya, Leli mendengar cerita dari seorang kerabat yang juga merupakan seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) mengenai IKD. Kerabatnya tersebut menjelaskan secara detail mengenai keunggulan IKD. “Rasa penasaran saya terus berlanjut hingga saya pulang ke rumah. Setelah bekerja, saya melanjutkan pencarian informasi tentang IKD melalui Google,” ujar Leli.

Baca juga  Enam Pimpinan Tinggi Pratama, Dilantik Wali Kota Balikpapan
200 Karyawan PT Samekarindo Indah Samarinda Aktivasi Identitas Kependudukan Digital
(Foto : Ps)

Setelah mendapatkan pemahaman yang lebih jelas tentang IKD, Leli merasa tertarik dan menginisiasi aktivasi aplikasi IKD bagi seluruh karyawan di bawah kepemimpinannya. Dalam pepatah yang mengatakan “saat ada keinginan, pasti ada jalan”, Leli dan para karyawan yang tertarik mendapatkan dukungan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Samarinda untuk memfasilitasi aktivasi aplikasi IKD dikantornya.

“Kami diarahkan untuk mengajukan surat permohonan, dan Disdukcapil dengan baik hati menyetujuinya. Mereka bahkan mengirimkan tim untuk membantu kami dalam proses aktivasi,” seru Leli dengan senang hati.

Sebanyak 200 karyawan dan keluarga karyawan telah berhasil melakukan aktivasi aplikasi IKD, sehingga mereka dapat mengakses data pribadi kependudukan dan data keluarga dengan mudah melalui aplikasi tersebut.

Baca juga  Olah TKP Kebakaran Jalan S Parman, Polisi Temukan Hal Ini

Plt Kadisdukcapil Kota Samarinda, M Subehan, memberikan apresiasi yang tinggi kepada PT Samekarindo Indah. Menurutnya, PT Samekarindo Indah adalah satu-satunya perusahaan swasta di bidang otomotif yang mendukung penerapan aplikasi IKD dengan segenap kemampuannya.

200 Karyawan PT Samekarindo Indah Samarinda Aktivasi Identitas Kependudukan Digital
Proses aktivasi aplikasi IKD kepada karyawan PT Samekarindo Indah Samarinda (Foto : Ps)

“Kami sangat mengapresiasi PT Samekarindo Indah sebagai contoh bagi seluruh perusahaan swasta dalam mendukung kemajuan teknologi melalui aplikasi IKD. Mereka adalah satu-satunya perusahaan yang mengajukan permohonan kepada kami untuk melakukan aktivasi aplikasi tersebut,” ucap Subehan.

Dengan adanya dukungan dari perusahaan swasta seperti PT Samekarindo Indah, penerapan IKD di Kota Samarinda semakin merata dan berpotensi memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. IKD diharapkan dapat menjadi solusi praktis untuk berbagai kebutuhan administrasi yang melibatkan identitas kependudukan, meningkatkan efisiensi, dan mempermudah proses layanan publik. (Ps)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]