Search
Search
Close this search box.

Disdamkar Kota Samarinda Memperkuat Pencegahan Kebakaran dengan Perbaikan dan Pemasangan Hydran

Disdamkar Kota Samarinda Memperkuat Pencegahan Kebakaran dengan Perbaikan dan Pemasangan Hydran
Henda AH, Kadis Damkar Kota Samarinda melakukan pengecekan hydran dilingkungan kantor Damkar Samarinda. (Ps)

SAMARINDA,PROKALTIM– Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkar) Kota Samarinda terus meningkatkan upaya pencegahan dan meminimalisir bencana kebakaran dengan melakukan perbaikan dan pemasangan hydran di titik rawan kebakaran. Langkah ini diambil sebagai respons terhadap kebutuhan akan infrastruktur yang memadai dalam penanggulangan kebakaran.

Kepala Disdamkar Kota Samarinda, Hendra AH, menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kencana Kota Samarinda untuk menentukan titik-titik saluran air yang memiliki tekanan yang cukup tinggi dan dapat dijadikan lokasi pemasangan hydran. “Sebanyak 12 titik dipasang hydran baru, 5 titik lainnya diperbaiki, dan semuanya saat ini berfungsi dengan normal,” ungkap Hendra AH saat diwawancarai pada Selasa (4/7/2023).

Baca juga  Salah Paham! Relawan Dikeroyok Oknum Relawan, Hingga Lapor Polisi

Selain itu, Hendra menegaskan bahwa saat ini setiap kantor pemerintah wajib dilengkapi dengan alat proteksi kebakaran dan hydran. “Dalam proses pembangunan kantor-kantor baru, alat-alat tersebut sudah menjadi prioritas untuk memastikan upaya pencegahan kebakaran,” tegasnya.

Tidak hanya menggunakan hydran basah yang mengandalkan pasokan air, Disdamkar Kota Samarinda juga telah memperkenalkan hydran kering beberapa waktu yang lalu. Hydran kering ini memiliki peran penting dalam penanggulangan kebakaran di pemukiman padat penduduk yang memiliki keterbatasan sumber air. Salah satu contohnya terdapat di Kecamatan Samarinda Ilir.

“Hydran kering ini berupa saluran pipa yang terhubung dengan mobil tangki pemadam kebakaran. Fungsinya adalah sebagai penyalur air saat mobil pemadam kebakaran tidak dapat masuk ke wilayah yang sempit dan padat penduduk,” jelas Hendra.

Baca juga  IKD: Identitas Kependudukan Digital, Solusi Baru Bagi Masyarakat Kota Samarinda

Dengan adanya perbaikan dan pemasangan hydran di titik rawan kebakaran serta penggunaan hydran kering di daerah pemukiman padat penduduk, Disdamkar Kota Samarinda berharap dapat meningkatkan kemampuan dalam penanggulangan kebakaran. Upaya ini menjadi bentuk konkret dari tindakan antisipasi guna melindungi masyarakat dan aset-aset penting dari ancaman kebakaran di kota Samarinda. (Ps)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]