Search
Search
Close this search box.

Kejati Kaltim Berhasil Selamatkan Keuangan Negara dari Hasil Korupsi Sebesar Rp 10 Miliar

Kejati Kaltim Berhasil Selamatkan Keuangan Negara dari Hasil Korupsi Sebesar Rp 10 Miliar
Kegiatan press release Kejati Kaltim di Semester I tahun 2023. (Foto: Penhum Kejati Kaltim)

SAMARINDA, PROKALTIM– Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Timur telah sukses dalam menyelamatkan keuangan negara dari kerugian akibat tindak pidana korupsi sebesar Rp 10.167.425.641.-. Pencapaian ini terjadi dalam penanganan 11 perkara penyelidikan, 10 perkara penyidikan, dan 12 perkara tahap penuntutan selama semester pertama tahun 2023.

Pada rilis yang diadakan pada Sabtu, 22 Juli 2023, Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur, Hari Setiyono, menyampaikan bahwa penanganan perkara tindak pidana korupsi menjadi salah satu fokus utama Kejaksaan Tinggi Kaltim. Proses penuntutan dalam persidangan dilakukan setelah tanggung jawab tersangka dan barang bukti diserahkan oleh penyidik kepada penuntut umum, dan kemudian lanjut diserahkan ke kejaksaan negeri. Data yang dimiliki menunjukkan bahwa proses penyelidikan telah berjalan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

Baca juga  Illegal Drilling Mengganggu Operasional Hulu Migas

Hari Setiyono berharap bahwa kedepannya, proses penanganan kasus korupsi dan penyelamatan keuangan negara dapat lebih efektif dan ditingkatkan lagi. Pihak Kejaksaan Tinggi Kaltim berkomitmen untuk terus mengambil langkah-langkah kongkret dalam upaya pencegahan korupsi, karena pencegahan dianggap lebih baik daripada penindakan.

“Dalam upaya pencegahan, Kejaksaan Tinggi Kaltim telah membentuk tim intelejen yang meliputi tim penyuluhan dan penerangan hukum. Tim ini bertanggung jawab untuk melakukan pemantauan terhadap proyek strategis nasional dan daerah yang berpotensi menjadi sasaran praktik korupsi,” jelas Hari

Bidang intelejen Kejati Kaltim memiliki seksi pengamanan dan pembangunan strategis yang berperan penting dalam menjalankan fungsi pencegahan terhadap kasus korupsi. Tim intelejen telah berusaha sejak dini untuk mengamankan kegiatan-kegiatan proyek yang rawan terhadap praktik korupsi.

Baca juga  Rumah Tangga Bermasalah, Onani di Sekolah

Langkah-langkah pencegahan yang diambil oleh Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur menunjukkan keseriusan mereka dalam memberantas korupsi dan melindungi keuangan negara. Semoga dengan upaya yang terus ditingkatkan, korupsi dapat ditekan dan integritas negara semakin terjaga dengan baik. (Ps)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]