Search
Search
Close this search box.

Wakil Ketua DPRD, Sabaruddin: Rusun Bisa Dialih Fungsikan untuk Menjadi SMP di Manggar Baru

Wakil Ketua DPRD, Sabaruddin: Rusun Bisa Dialih Fungsikan untuk Menjadi SMP di Manggar Baru

BALIKPAPAN,PROKALTIM– Dari tahun ke tahun pendaftaran masalah sekolah menjadi persoalan, apalagi sistem proses seleksi penerimaan pesta didik baru (PPDB) menggunakan jalur zonasi, dan jalur lainnya.

Untuk itu, DPRD Kota Balikpapan mengusulkan agar bangunan Rumah Susun (Rusun) di Kelurahan Manggar Baru dialihfungsikan menjadi sekolah.

Rusun diusulkan sebagai upaya untuk mencukupi kebutuhan fasilitas pendidikan di wilayah Kelurahan Manggar Baru yang sampai saat ini belum memiliki bangunan SMP.

“Kenapa kita melakukan kunjungan di wilayah Balikpapan Timur, karena di Kelurahan Manggar Baru ini khususnya tidak ada sekolahnya khususnya SMP. Kalau kelurahan yang lain seperti Kelurahan Teritip, Manggar dan Lamaru itu ada,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan, Sabaruddin Panrecalle, kepada awak media, pada Selasa (18/7/2023).

Baca juga  Pemkot dan DPRD Sepakati Skema Anggaran Multi Years

Sabaruddin Panrecalle, yang berasal dari legeslatif daerah pemilihan (Dapil) Balikpapan Timur, juga menyampaikan, berdasarkan hasil kunjungannya ke Kecamatan Balikpapan Timur pada Senin (17/7/2023) kemarin, ada beberapa lokasi yang akan diusulkan sebagai rencana lokasi pembangunan SMP baru. Salah satu yang menjadi rekomendasi adalah Rusun yang ada di Kelurahan Manggar Baru.

Rusun tersebut, yang dianggap sudah tidak efektif. Karena banyak kamar atau ruangan yang kosong di sana. Sehingga apabila ini bisa diambil, dialihkan fungsikan untuk menjadi sekolah tentu akan jauh lebih baik karena tempatnya representative. Sebab lokasinya bagus, gedung-gedungnya sudah ada, daripada rusun ini fungsinya tidak maksimal.

“Kami melihat di lantai 3, 4 dan 5 itu sudah kosong semuanya, bahkan di lantai 1 dan 2 ada yang tidak bayar beberapa bulan. Hal ini kan tentunya menambah beban bagi kita semuanya,” ucapnya.

Baca juga  Reses Sri Hana dengan Nuansa Islami, Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Politisi fraksi Gerindra juga meminta, pihaknya akan mencoba konsultasikan kepada PUPR, apakah bangunan ini bisa dialihfungsikan karena kalau bisa dialihfungsikan jauh lebih baik.

Harapan Kita pembangunan SMP di kawasan Kecamatan Balikpapan Timur khususnya di Manggar baru ini bisa sudah mulai disusun DED tahun ini, kalau memang tempatnya nanti sudah ada.

“Jadi kalau kita menggunakan rusun ini kamar-kamar yang ada itu tinggal kita gabungkan saja Sesuai dengan standar ruang belajar itu jauh lebih mudah dan cost yang dikeluarkan itu jauh lebih ringan,” ungkapnya. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]