Search
Search
Close this search box.

Sabaruddin: Pemkot Balikpapan Perlu Ada Blueprint untuk Membuka Jalan Alternatif

Sabaruddin: Pemkot Balikpapan Perlu Ada Blueprint untuk Membuka Jalan Alternatif

BALIKPAPAN,PROKALTIM – Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari pusat Jakarta ke wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) akan memiliki dampak terhadap pembangunan dan situasi kependudukan, di sekitar wilayah IKN, salah satunya Kota Balikpapan sebagai penyangga dan pintu gerbang Kaltim.

Untuk itu terjadi lonjakan penduduk, DPRD Kota Balikpapan mengingatkan, agar pemindahan IKN tidak menyebabkan kemacetan di Kota Beriman.

Wakil Ketua DPRD Balikpapan, Sabaruddin Panrecalle menyampaikan, bahwa Kota Balikpapan kalau tidak ditopang dengan baik, kalau tidak dibarengi infrastruktur yang memadai pasti akan menimbulkan sebuah kemacetan.

“Dengan pemindahan IKN, keseharian kita hampir seluruh ruas yang ada di Balikpapan ini mengalami kemacetan. Letak titik-titiknya, dari wilayah Muara Rapak sampai dengan Kilo Balikpapan Utara, juga dari Batakan menuju jalan tol Manggar Balikpapan Timur dan wilayah Kampung Baru Balikpapan Barat. Dan itukan hampir tiap hari terjadi kemacetan,” kata politisi fraksi Gerindra Dapil Balikpapan Timur, kepada awak media, pada Senin (31/7/2023).

Baca juga  Reses Slamet Iman Santoso, Terus Kawal Pembangunan Sekolah Terpadu di GSB Balikpapan

“Oleh karena itu, untuk mengurangi kemacetan, Pemkot Balikpapan harus memiliki blueprint, sampaikan kepada DPRD Balikpapan. Ketika itu perlu direnovasi atau di inovasi kan, ayo kita atasi bersama-sama, kan, sudah ada kajian-kajiannya,” ujarnya.

Blue Print atau Cetak Biru adalah kerangka kerja terperinci (arsitektur) sebagai landasan dalam pembuatan kebijakan yang meliputi penetapan tujuan dan sasaran, penyusunan strategi, pelaksanaan program dan fokus kegiatan serta langkah-langkah. “Pemkot Balikpapan perlu ada blueprint, bagaimana kedepan jangka panjang dan bagaimana jangka pendeknya,” ujarnya.

Sabaruddin juga menyampaikan, kalau kemacetan dibiarkan begini terus, bukan menyelesaikan masalah, tapi malah menambah masalah. “Yang seharusnya penduduk kota Balikpapan merasa nyaman tidak ada kemacetan dan sekarang malah ditambah dengan kemacetan. Kita mendorong kepada Pemkot Balikpapan untuk memiliki blueprint,” ucapnya.

Baca juga  Titik Banjir Makin Bertambah, DPRD Panggil DPU

Dia juga menjelaskan, untuk membuka jalur-jalur baru di jalan alternatif untuk mengurangi kemacetan di Balikpapan Timur. “Perlu membuka jalan alternatif untuk mengurangi kemacetan akses jalan Mulawarman, seperti jalan wilayah Sepinggan menuju jalan Batakan, karena tidak ada akses jalan lain,” pungkasnya. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]