Search
Search
Close this search box.

Inilah Kebiasaan Buruk yang Nggak Diketahui Dapat Merusak HP

mengecarge hp
(ilustrasi) Charger HP

JAKARTA, PROKALTIM.COM – Tidak sedikit kebiasan menggunakan HP setiap harinya membuat kinerja HP anda menurun. Bahkan banyak yang tidak menyadari, hal itu menjadi kebiasaan buruk yang merusak HP Anda, seiring berjalannya waktu.

Kebiasaan tersebut jelas malah bikin boros penggunaannya karena malah menyebabkan HP cepat rusak, dan mengharuskan Anda untuk memperbaikinya atau beli model baru, seperti dilansir cnbcindonesia.com

Berikut beberapa hal yang harus dihindari, dirangkum CNBC Indonesia, Rabu (27/9/2023).

1. Menggunakan Kabel Charger Murah

Hal yang paling sering dilakukan pengguna adalah membeli kabel pengisi daya yang murah dan tidak bermerek. Ini bukan soa produsen terpercaya seperti Anker atau yang memiliki sertifikasi Made For iPhone, tetapi kabel USB tanpa nama yang Anda temukan seharga Rp 15 ribuan.

Banyak dari kabel ini yang dapat merusak HP Anda secara permanen. Atau bahkan lebih buruk lagi, membuat berisiko terbakar atau tersengat listrik.

Belilah pengisi daya dari merek terkenal. Dan jika sudah memiliki kabel berkualitas, perlakukan dengan hati-hati.

Jika Anda tidak memperlakukannya dengan baik dapat menyebabkan kabel di dalamnya rusak, yang dapat menimbulkan bahaya kebakaran. Jadi berhentilah menggulung kabel terlalu ketat.

Baca juga  Xiaomi 13T Bawa Kamera Leica, Bakal Rilis 3 Oktober, Segini Harga Hingga spesifikasinya

2. Tidak Menggunakan Case

Anda mungkin lebih menyukai tampilan ponsel tanpa casing karena lebih bersih, namun risikonya tidak sepadan. Bahkan serpihan dan retakan kecil pun dapat merusak integritas struktural dan memperbesar kemungkinan terjadinya kerusakan dalam skala besar.

Tidak hanya itu, retakan kecil tersebut dapat merusak nilai jual kembali HP saat Anda ingin menjual iPhone atau Android sebelum melakukan upgrade.

Jika Anda benar-benar ingin membuat HP itu ‘telanjang’, bersiaplah untuk membayar biaya perbaikan jika terjadi insiden.

3. Terlalu Sering Menguras Baterai

Baterai ponsel menurun seiring pemakaian, setelah beberapa tahun masa pakai baterai maksimal tidak akan setinggi saat perangkat masih baru.

Hal-hal ini tidak dapat dihindari, namun kebiasaan buruk dapat mempercepat degradasi tersebut dan mematikan baterai Anda lebih cepat.

Untuk menghindari hal ini, Anda harus melakukan pengosongan daya secara teratur, dan mengisi ulang daya ponsel sebelum mati.

Jangan khawatir untuk mengisi dayanya semalaman. Usahakan baterai tetap di atas 30% atau lebih, biarkan daya baterai sesekali habis untuk mengkalibrasi sensor, dan Anda akan menjaga baterai tetap sehat selama mungkin.

Baca juga  WhatsApp Akan Hilang di HP Ini, Tahun Depan

4. Terlalu Banyak Selfie Bawah Air

Tidak ada gadget yang benar-benar “tahan air”, terlepas dari apa yang diklaim oleh beberapa produsen. Perangkat tertentu mungkin lebih kedap air dibandingkan perangkat lain, namun selalu ada kemungkinan air dapat masuk ke dalam, dan semakin sering memaparkan perangkat ke air, semakin Anda menurunkan ketahanannya.

Jadi meskipun perangkat Anda memiliki peringkat IP67 atau IP68, gunakanlah di dalam air dengan hemat. Ini mungkin tidak langsung merusak HP Anda, tetapi seiring waktu dan paparan berulang hanya akan menimbulkan masalah.

5. Tidak Melakukan Update

Terlalu banyak orang yang dengan cepat membuang rasa aman demi kepuasan yang cepat. Seperti pembaruan perangkat lunak. Patch “keamanan” yang muncul di HP Anda mungkin tampak membosankan dan tidak mendesak, namun dapat melindungi perangkat dari malware dan masalah serius lainnya.

Jangan menundanya update jika sudah muncul yang baru. Pastikan aplikasi Anda juga diperbarui, karena sering kali aplikasi tersebut berisi perbaikan bug dan pembaruan keamanan serupa yang membuat Anda tetap aman. (admin)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]