Search
Search
Close this search box.

Desa Jonggon Jaya Siapkan RPB Jahe, Petani Jahe Kembali Bergairah

Rumah Produksi Bersama (RPB) Jahe di Desa Jonggon Jaya. (Foto: Istimewa)

PROKALTIM,KUKAR- Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki kelebihan sebagai penghasil jahe. Namun, beberapa waktu lalu, para petani jahe di desa ini mengalami kesialan karena harga jahe yang merosot dan adanya virus yang menyebabkan kerugian pada tanaman jahe.

Untuk mengatasi kesialan ini, pemerintah desa bekerjasama dengan pihak swasta membangun Rumah Produksi Bersama (RPB) Jahe di desa ini. RPB Jahe ini akan mengolah jahe menjadi produk-produk yang lebih bermutu, seperti jahe instan, jahe kering, dan jahe bubuk.

Kepala Desa Jonggon Jaya, Muhammad Kholil, menyampaikan bahwa RPB Jahe sudah hampir selesai dan akan segera berjalan. Ia menegaskan bahwa RPB Jahe diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para petani jahe di desanya.

Baca juga  Desa Ponoragan Kukar Penghasil Bibit Ikan Mas dan Nila Terbesar di Kaltim

“Ini sebagian petani sudah mulai semangat lagi untuk menanam,” papar Kholil saat ditemui pada Senin (30/10/2023).

Selain membangun RPB Jahe, pemerintah desa juga mendapat bantuan bibit jahe sebanyak 10 ton dari Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar. Bantuan ini sangat berguna bagi para petani jahe yang ingin menanam jahe lagi, apalagi di musim hujan ini.

“Alhamdulillah, kemarin juga ada bantuan bibit jahe 10 ton dari Distanak Kukar,” ungkap Kholil.

Kholil berharap bahwa dengan adanya RPB Jahe dan bantuan bibit jahe, para petani jahe di Desa Jonggon Jaya dapat meningkatkan pendapatan mereka. Ia juga berharap bahwa harga jahe dapat stabil dan tidak mudah terpengaruh oleh pasar.

Baca juga  Pemkab Kukar Siapkan Pinjaman Rp 50 Juta Tanpa Bunga untuk Petani dan Nelayan

“Mudah-mudahan dengan adanya RPB ini harga jahe bisa stabil, jadi petaninya juga bisa sejahtera dan semangat menanam. Karena kan nanam jahe ini juga cukup sulit perawatannya,” tutur Kholil. (Jo/Tom/Adv Diskominfo Kukar)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]