Search
Search
Close this search box.

Fraksi PKS Ali Hamdi Sebut Pencegahan Bullying Jadi Tanggung Jawab Semua Pihak

Ketua Fraksi PKS DPRD Kaltim, Ali Hamdi
Ketua Fraksi PKS DPRD Kaltim, Ali Hamdi

PROKALTIM.COM, SAMARINDA – Ketua Fraksi PKS DPRD Kaltim Ali Hamdi, tanggapi serius kasus bullying atau perundungan yang saat ini sedang marak. Menurutnya, perlu langkah pencegahan yang melibatkan semua pihak.

Mengingat banyak kasus yang terjadi dilingkungan pendidikan, menurutnya, bullying harus dicegah dengan kerjasama semua pihak.

Ali Hamdi menyebutkan, perundungan dapat berdampak serius ke korbannya. Bahkan, tak sedikit yang berujung pada kematian akibat perundungan. Bagi pelaku juga bisa berakibat buruk mulai dari gangguan mental, merusak karakter dan kecerdasan.

“Lembaga pendidikan harus menjadi lingkungan yang bebas dari perilaku ini, karena bullying bukan hanya tanggung jawab guru saja melainkan tanggung jawab bersama yang melibatkan seluruh komponen masyarakat,” terangnya.

Baca juga  Terkait Arus Lalu Lintas di Kota Balikpapan, DPRD Minta Pemkot Balikpapan Segera Carikan Solusi Atasi Kemacetan

Ia menjelaskan upaya konkret cegah perundungan, adalah pendidikan karakter yang dimulai dari lingkungan rumah. Orang tua harus bisa menjadi teladan bagi anak. Begitu pula dengan dengan guru dilingkungan sekolah, harus bisa menjadi orang tua kedua yang membimbing anak.

Tentunya dampak bullying dapat merusak karakter, mental dan bisa menjadi trauma. Pencegahan harus dilakukan sejak dini. Bila tidak maka perilaku perundungan akan menjadi watak hingga dewasa dan merugikan lingkungan sekitar.

“Dengan perbaikan akhlak siswa dan kesadaran kolektif, diharapkan kasus bullying dapat diminimalisir dan akhirnya dihapuskan dari lingkungan pendidikan,” tutupnya. (Eky/adv/dprdkaltim)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]