Search
Search
Close this search box.

Imran, Warga Desa Loa Duri Raup Rupiah dari Budidaya Pepaya California

Imran (60 Tahun) Petani Kebun Pepaya Desa Loa Duri Ulu (Foto:Ozn)
Imran (60 Tahun) Petani Kebun Pepaya Desa Loa Duri Ulu (Foto:Ozn)

PROKALTIM.COM, KUKAR – Budidaya pepaya california kini sudah banyak ditemukan diberbagai lokasi di Kalimantan Timur, sebagai salah satu komoditas pertanian yang memiliki peluang usaha sangat besar.

Imran (60 tahun) Petani asal Desa Loa Duri Ulu, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tak putus asa untuk terus meraup pundi-pundi rupiah dengan sukses berbudidaya pepaya California.

Imran mengatakan, budidaya ini di mulai sejak tahun lalu tepatnya tahun 2021. tetapi juga mengembangkan perkebunan pepaya seluas 1 hektare dan jenis pepaya California seperti ini sangat mudah menguntungkan, karena dapat hidup dengan baik di lahan kering sekalipun.

“Tanaman pepaya California ini merupakan jenis Pepaya yang lumayan banyak digemari oleh para petani. Sebab, pepaya ini mempunyai banyak keunggulan. Salah satunya buahnya tidak terlalu besar. Bentuknya memanjang dengan warna hijau atau kuning cerah,” ucapnya Imran saat ditemui di kebun pepaya, Rabu, 25 Oktober 2023.

Baca juga  Rendi Solihin Tegaskan, di Hadapan Petani Muara Kaman Komitmen Pemkab Kukar di Sektor Pertanian

Lanjutnya Imran ,kualitas buah pepaya yang dihasilkan pun sangat baik karena rasanya yang enak dan manis. Hal ini didukung oleh cara pemupukan dan perawatan yang sebagian besar masih menggunakan cara tradisional dan berbahan organik. Budidaya pepaya ini, bisa panen 30 Ton 3/4 hari dan sebulan bisa panen 225 ton.

hasil tanamannya juga dijual ke pedagang sayur di sekitar rumahnya, ia juga menerima tengkulak yang datang langsung untuk membeli dalam jumlah banyak. (Ozn/Adv)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]