Search
Search
Close this search box.

Kantor Syahbandar dan KSOP Balikpapan Gelar Joint Exercise ISPS Code 2023

simulasi penanganan unjuk rasa serta penanggulangan ancaman terorisme di area Pelabuhan Semayang Balikpapan, pada Jumat (6/10/2023).
simulasi penanganan unjuk rasa serta penanggulangan ancaman terorisme di area Pelabuhan Semayang Balikpapan, pada Jumat (6/10/2023).

PROKALTIM.COM, BALIKPAPAN – Skill dan kesiapsiagaan para petugas keamanan di area pelabuhan harus ditingkatkan. Sebab, gangguan keamanan pada fasilitas pelabuhan merupakan sesuatu yang bisa terjadi kapanpun.

Untuk itu, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Balikpapan menggelar kegiatan latihan bersama pengamanan fasilitas pelabuhan yang diberi nama Joint Exercise International Ship and Port Facility.

Kegiatan ini diisi dengan simulasi penanganan unjuk rasa serta penanggulangan ancaman terorisme di area Pelabuhan Semayang Balikpapan, pada Jumat (6/10/2023).

I Komang Budiawan, Kasi Penjagaan Patroli dan Penyidikan KSOP Kelas 1 Balikpapan menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 134 Tahun 2016 Tentang Manajemen Keamanan Kapal dan Fasilitas Pelabuhan.

Baca juga  Bupati Kukar Edi Damansyah Serahkan Bantuan Untuk 4 Rumah Ibadah Saat Safari Subuh

Sesuai dengan aturan tersebut, kegiatan ini dilaksanakan secara rutin, paling sedikit 12 bulan atau paling lambat 18 bulan.

Selain itu, kegiatan ini dilakukan supaya kondisi Pelabuhan Semayang ini menjadi aman dan tentram sehingga bisa membackup pelancaran daripada pembangunan IKN.

Untuk kegiatan ini kita melibatkan sejumlah instansi yang ada di kalangan internal bahkan di kalangan eksternal pelabuhan. Untuk eksternalnya berasal dari pihak keamanan, KPPP Semayang, Lanal Balikpapan dan Bea cukai.

“Kita libatkan dari internal maupun eksternal untuk pelaksanaan kegiatan Exercise ISPS Code,” ucapnya.

Hasil evaluasi kedepan tentunya dengan adanya kegiatan ini, bakal akan ada perubahan perbaikan-perbaikan yang untuk arah yang lebih baik di areal Pelabuhan Semayang Balikpapan. (to)

Baca juga  Serbu Vaksin Masyarakat Maritim Desa Sungai Meriam Kecamatan Anggana Oleh Lanal Balikpapan

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]