Search
Search
Close this search box.

Kelurahan Loa Ipuh, Tenggarong Bangun Bank Sampah di Setiap Rukun Tetangga

Lurah Loa Ipuh Erry Suparjan (Foto:Ozn)
Lurah Loa Ipuh Erry Suparjan (Foto:Ozn)

PROKALTIM.COM, KUKAR – Sampah menjadi masalah yang serius di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Untuk mengatasi hal itu, Kelurahan Loa Ipuh, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, mendukung program pemerintah daerah dengan membangun bank sampah di setiap rukun tetangga (RT).

Lurah Loa Ipuh Erry Suparjan mengatakan,  program bank sampah ini sudah disiapkan sejak lama dan akan segera diluncurkan untuk lima RT pertama di bulan ini.

“Semoga ini berjalan lancar dan kedepannya setiap RT di kelurahan Loa Ipuh ini akan dibuatkan bank sampah,” ucapnya saat ditemui di ruangannya, Jumat, 13 Oktober 2023.

Lanjut Erry, Bank sampah adalah tempat pengumpulan dan pengelolaan sampah yang dapat didaur ulang atau dimanfaatkan kembali, seperti plastik, kertas, logam, dan kaca. Dengan adanya bank sampah, jumlah sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) di wilayah Bekotok dapat dikurangi hingga 30 persen.

Baca juga  Diskominfo Kukar Perdalam Penyusunan Peta Rencana SPBE di Yogyakarta

Selain bank sampah, Kelurahan Loa Ipuh juga melakukan normalisasi aliran air di tempat-tempat yang rawan banjir. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi musim hujan yang sering menyebabkan genangan air di sekitar pemukiman warga.

“Selain membuat bank sampah dan normalisasi aliran air, kami juga membuat program Jumat berbagi, tapi bentuknya sembako biasanya kan nasi kotak. Ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap warga yang kurang mampu,” tuturnya

Erry juga mengaku turun langsung ke lapangan untuk ikut membersihkan sampah yang ada di lingkungan kelurahan. Ia berharap dengan adanya program-program kebersihan ini, warga Kelurahan Loa Ipuh dapat lebih peduli terhadap lingkungan dan menjaga kesehatan mereka. (Ozn/Adv)

Baca juga  Cara DLHK Kukar Mengatasi Bau Tak Sedap di TPA Bekotok Kecamatan Tenggarong

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]