Search
Search
Close this search box.

Komitmen Pemkab Kukar untuk Petani Muara Kaman

Wabup Kukar, Rendi Solihin bersama petani Muara Kaman. (Foto: Istimewa)

KUKAR,PROKALTIM- Pemkab Kukar berkomitmen dalam meningkatkan sektor pertanian, dibuktikan dengan disalurkannya berbagai bantuan di Desa Panca Jaya, Kecamatan Muara Kaman.

Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin bersilaturahmi dengan masyarakat pertanian di daerah tersebut sekaligus menyalurkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar.

Salah satu yang menarik, didapati oleh salah satu petani, Sunanto mengaku, bantuan yang diberikan Pemkab Kukar sangat membantu untuk kebutuhan pertanian. Apalagi bantuan yang diterima petani tapi tidak melalui prosedur yang bertele-tele.

“Biasanya banyak prosedur yang harus kami lakukan. Tapi, ini tidak banyak prosedur, dan bisa langsung digunakan petani,” jelasnya.

Apalagi, bantuan yang diberikan akan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh petani untuk ikut serta mensukseskan program pemerintah menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan di Kaltim, dan menjadi daerah penopang Ibu Kota Nusantara (IKN).

Baca juga  LBMK Bersilahturahmi Ke Kediaman Sultan Kutai, Sultan Aji Muhammad Arifin : LBMK Ini Untuk Menyatukan Yang Ada di KALTIM Untuk Pertama Kalinya

“Pastinya para petani jadi semangat, terima kasih kepada Pak Bupati dan Pak Wakil Bupati atas perhatiannya kepada petani,” jelasnya.

Dikesempatan yang sama, Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin menjelaskan, pemkab memang memberikan perhatian lebih terhadap petani.

Salah satunya berkaitan dengan anggaran, di mana saat ini anggaran untuk pertanian di 2023 mencapai Rp 800 Miliar hingga Rp 1 Triliun.

“Ini karena ada beberapa kecamatan yang telah ditetapkan sebagai lokus pertanian. Jadi, anggaran pertanian tidak seperti biasa lagi, jika tahun-tahun sebelumnya setahun hanya berkisar Rp 300 Miliar – Rp 400 Miliar, kini naik dua kali lipat,” ungkap Rendi.

Anggaran tersebut diperuntukan bagi tiga tujuan utama, di antaranya infrastruktur, meliputi jalan usaha tani, hingga pembangunan embung. Ada lagi bantuan berbagai jenis pupuk, baik pupuk organik, hingga pupuk NPK. Dan, yang terakhir terkait modernisasi alat pertanian.

Baca juga  Pria Diduga Gantung Diri, Berwasiat Jasadnya Dikremasi dan Abunya Larung di Sungai Mahakam.

Nantinya akan disalurkan berbagai jenis perlatan modern untuk mendukung dan mempermudah aktivitas pertanian.

“Selain kecamatan yang menjadi lokus pertanian, tiga hal pokok itu menjadi perhatian kami untuk mendukung aktivitas pertanian masyarakat,” bebernya.

“Seperti alat pertanian, di kecamatan lain banyak petani-petani yang sepuh, makanya modernisasi pertanian ini kami anggap penting untuk masyarakat,” pungkasnya. (Jo/Dra/Adv)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]