Search
Search
Close this search box.

Pantun Gultom Harap Keberadaan Ponpes Sebagai Wadah Mencerdaskan Bangsa

Anggota Komisi II DPRD Kota Balikpapan Pantun Gultom
Anggota Komisi II DPRD Kota Balikpapan Pantun Gultom

PROKALTIM.COM, BALIKPAPAN – Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2023 diperingati setiap tanggal 22 Oktober untuk mengenang perjuangan para santri dan ulama dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Pada tahun 2023, Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia mengusung tema “Jihad Santri Jayakan Negeri” untuk peringatan HSN 2023.

Untuk itu, Anggota Komisi II DPRD Kota Balikpapan Pantun Gultom berharap Peringatan HSN 2023, dijadikan momentum para santri untuk terus bersemangat dalam menempuh pendidikan Formal dan Agama di Pondok Pesantren (Ponpes).

Pantun Gultom juga menyampaikan, keberadaan para santri tersebut adalah bagian penunjang pendidikan. Seperti dapat dilihat dari sejarah Ki Hadjar Dewantara, meski pendidikan masih terbatas pada jamannya. Salah satu penunjang pendidikan sekaligus menitikberatkan etika agama, adalah pondok pesantren dan para santri.

Baca juga  Hj Kasmah Perjuangkan Pembangunan SD di Perumahan Pesona Bukit Batuah

“Tentu ini juga berlaku dalam situasi jaman saat ini, pemerintah telah mengakui keberadaan santri. Bahkan memberikan hari khusus untuk hari santri. Jadi sekali lagi ini harus tetap kita jaga,” ujarnya, pada Senin (23/10/2023).

Dia menegaskan, ada beberapa menjadi batu kecil yang mejadi sandungan, seperti adanya berita negatif tentang Ponpes. Seperti yang terjadi di Ponpes Jawa Barat. Dan tidak semua seperti itu.

“Jadi jangan menjastis bahwa semua sama. Jadi kita harus apresiasi keberadaan pondok pesantren itu, untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa. Yang sangat bermanfaat sampai detik ini,” ucapnya.

Politisi fraksi PDI Perjuangan ini juga mengatakan, kalau dilihat saat dikabinet Jokowi pun, ada alumni dari pondok. Hal tersebut membuktikan bahwa pondok sangat mempuni untuk berkiprah dikancah nasional maupun internasional untuk mengisi kepemilikan nasional di masa yang akan datang.

Baca juga  Program Zona Zero Tolerance Ditunda

“Termasuk Menteri Agama kita saat ini ke santrinya masih sangat kental. Khusus santri di Balikpapan tetap semangat untuk menempuh pendidikan Formal dan Agama di Ponpes. Artinya dengan akhlak yang baik dan terjun ke masyarakat, jika dia menjadi politisi atau jabatan strategis nasional, pasti akan menjadi telandan ditengah-tengah kepimpinan dia,” pungkasnya. (to)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]