Search
Search
Close this search box.

Parit dan Saluran Irigasi Pertanian di Tenggarong Diperbaiki

Camat Tenggarong, Sukono (Foto: Istimewa)

PROKALTIM,KUKAR- Kecamatan Tenggarong di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) merupakan kecamatan yang siap menjadi lumbung pangan bagi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang akan segera dibangun di Kalimantan. Kecamatan ini memiliki sektor pertanian yang menghasilkan berbagai produk pertanian dan hortikultura yang melimpah.

Untuk mempersiapkan lumbung pangan ini, Kecamatan Tenggarong terus melakukan perbaikan parit dan saluran irigasi di beberapa kelurahan dan desa. Di antaranya adalah Maluhu, Bukit Biru, Loa Ipuh Darat, Jahab, Bendang Raya, dan Rapak Lambur.

Camat Tenggarong, Sukono, mengatakan, perbaikan ini menggunakan alokasi anggaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan tahun 2023. Ia mengatakan, perbaikan ini bertujuan untuk memastikan pasokan air yang cukup dan lancar untuk lahan pertanian di Kecamatan Tenggarong.

Baca juga  Keliling Mahakam, Ngabuburit Yang Samarinda "Banget"

“Saat ini kita fokuskan di beberapa kelurahan dan desa, seperti Maluhu, Bukit Biru, Loa Ipuh Darat, Jahab, Bendang Raya, dan Rapak Lambur,” kata Sukono saat dihubungi wartawan pada Selasa (31/10/2023).

Sukono berharap, dengan perbaikan parit dan saluran irigasi ini, lumbung pangan di Kecamatan Tenggarong dapat terwujud. Ia juga mengatakan, hal ini sesuai dengan arahan Bupati Kukar untuk mempersiapkan lumbung pangan.

“Karena pak Bupati juga sudah berpesan untuk mempersiapkan lumbung pangan,” ujar Sukono.

Selain di sektor pertanian, Sukono juga mengatakan, pihaknya juga memperbaiki saluran air di tengah pemukiman warga. Hal ini dilakukan untuk mencegah banjir ketika musim hujan tiba.

“Sekarang ini kan banyak sekali parit buntu. Akibat banyak sekali pembangunan-pembangunan di kelurahan dan RT, makanya ini kita lakukan perbaikan. Supaya fungsi paritnya ini bisa maksimal dalam mengalirkan air,” tutup Sukono. (Jo/Tom/Adv Diskominfo Kukar)

Baca juga  Sekkab Sunggono Komitmen Perlindungan MHA di Kukar, Ini Bukti Nyatanya

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]