Search
Search
Close this search box.

Pemkab Kukar Harapkan Kades Kendalikan Inflasi dengan ADD

Bupati Kukar, Edi Damansyah (Foto: Istimewa)

KUKAR,PROKALTIM- Pemerintah kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) meminta seluruh kepala desa untuk mengendalikan inflasi di daerahnya. Kepala desa diminta untuk memanfaatkan anggaran desa dan alokasi dana desa untuk mengendalikan harga bahan pangan di tingkat desa.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah, saat dikonfirmasi, Senin (23/10/2023). Edi mengatakan bahwa kepala desa harus ikut berinisiatif dalam menjaga daya beli masyarakat di desanya.

“Seluruh kepala desa harus memanfaatkan anggaran desa untuk menekan dan mengendalikan inflasi di desanya,” ujar Edi.

Edi menjelaskan bahwa ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh kepala desa untuk mengendalikan inflasi. Yaitu dengan mengumpulkan data harga harian, melakukan evaluasi trend kenaikan harga bahan pangan setiap pekan, dan memastikan kemandirian produksi dan distribusi bahan pangan.

Baca juga  Aset Kaltim 2020 Rp34,6 triliun, Sa'duddin: Transparansi Laporan Keuangan Pemprov Kepada Masyarakat

“Langkah-langkah ini adalah bentuk antisipasi yang efektif untuk menjaga stabilitas harga bahan pangan di desa,” kata Edi.

Selain itu, Pemkab Kukar juga melakukan operasi pasar di 123 titik yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar. Edi juga menyarankan agar Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan koperasi desa bekerjasama dengan Bulog untuk mendistribusikan bahan pangan. Edi juga mendorong agar kepala desa mengaktifkan pasar desa atau pasar rakyat untuk memperluas jaringan operasi pasar.

“Kami harap kepala desa, pengurus BUMDes, dan koperasi bisa lebih aktif dalam mengakses bahan pangan sehingga cadangan pangan di desa bisa terpenuhi,” tandasnya. (Ps/Adv)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]