Search
Search
Close this search box.

Pemkab Kukar Siapkan Pinjaman Rp 50 Juta Tanpa Bunga untuk Petani dan Nelayan

Bupati Kukar, Edi Damansyah (Foto: Istimewa)

PROKALTIM,KUKAR- Para petani dan nelayan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan pinjaman tanpa bunga sebesar Rp 50 juta dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar. Pinjaman ini merupakan bagian dari program Kredit Kukar Idaman (KKI) yang dapat diakses oleh semua masyarakat, termasuk pelaku UMKM dan petani hutan yang melakukan perhutanan sosial.

Program KKI ini bekerja sama dengan Bank Kaltimtara dan bertujuan untuk membantu masyarakat mengembangkan usahanya. Bupati Kukar, Edi Damansyah, mengatakan bahwa program ini sangat membantu para petani dan nelayan. Ia mengatakan bahwa mereka tidak perlu menggunakan jasa rentenir, melainkan cukup mengajukan KKI.

“Jadi semua boleh mengakses meminjam kredit ini untuk permodalan, bunganya 0 persen,” kata Edi saat dihubungi awak media pada Selasa (31/10/2023).

Baca juga  Jelang Pilkada, Polsek Muara Kaman Polres Kukar Rutin Gelar Patroli Dialogis 3 Pilar

Edi menjelaskan, program KKI ini memiliki jangka waktu maksimal 36 bulan, sesuai dengan analisis yang telah dilakukan. Pembayaran angsuran dilakukan dengan pola setiap panen, setiap produksi.

“Sesuai analisis, jangka waktu kredit maksimal sampai dengan 36 bulan. Pembayarannya dengan pola setiap panen, setiap produksi,” ujar Edi.

Edi berharap, dengan adanya program KKI ini, para petani dan nelayan di Kukar dapat meningkatkan kesejahteraan dan produktivitasnya. Ia juga meminta agar Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), dan Kelompok Wanita Tani di Kukar untuk menyosialisasikan program ini kepada masyarakat.

“Sesuai analisis, jangka waktu kredit maksimal sampai dengan 36 bulan. Pembayarannya dengan pola setiap panen, setiap produksi,” pungkasnya. (Jo/Tom/Adv Diskominfo Kukar)

Baca juga  Program Kukar Berkah, Pemkab Salurkan Dana Hibah Rp 100 Juta untuk Ponpes

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]