Search
Search
Close this search box.

Samboja Andalkan Sektor Perikanan dan Rumput Laut, Ini Alasannya

Ilustrasi nelayan. (Foto: Istimewa)

PROKALTIM,KUKAR- Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), memiliki sektor andalan di bidang perikanan dan rumput laut. Hal ini didukung oleh kondisi wilayah di Kecamatan Samboja, yang sebagian besar desa berada di tepi pantai.

Camat Samboja, Damsik, mengatakan bahwa hanya ada beberapa desa dan kelurahan yang tidak berlokasi di pantai. Hal ini membuat potensi ikan dan rumput laut dari Kecamatan Samboja sangat berlimpah.

“Mulai dari Kelurahan Tanjung, Kelurahan Kuala, Pamedas sampai ke Muara sembilang itu semua di bibir pantai dan penghasil ikan yang terbesar di daerah-daerah itu, termasuk juga pembudidayaan rumput laut,” tutur Damsik saat dikonfirmasi awak media pada Sabtu (28/10/2023).

Baca juga  Pemekaran RT di Kelurahan Melayu, Solusi Atasi Kepadatan Penduduk

Damsik juga mengatakan, ikan laut hasil tangkapan nelayan di Kecamatan Samboja tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan lokal, tetapi juga untuk beberapa kota besar di sekitarnya, seperti Samarinda, Balikpapan dan Tenggarong.

Sejak dulu, mayoritas masyarakat di Kecamatan Samboja sudah bergantung pada hasil melaut. Damsik mengatakan, kesejahteraan masyarakat Samboja juga bisa meningkat dengan adanya pabrik pengolahan rumput laut di Kecamatan Muara Badak.

“Jadi selain nelayan tangkap ikan, banyak juga pembudidaya rumput laut di Samboja. Nah dengan pembangunan pabrik rumput laut di Muara Badak ini kan bisa memudahkan para petani dalam menjual hasil panennya. Pabrik itu sudah sangat kami nantikan,” paparnya. (Jo/Tom/Adv Diskominfo Kukar)

Baca juga  KKN Terpadu IPE, Bentuk Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Poltekes Kaltim di Bidang Kesehatan di Kukar

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]