Search
Search
Close this search box.

Samboja Barat Bertransformasi Menjadi Lumbung Pangan IKN

Camat Samboja Barat, Baharuddin (Iatimewa)
Camat Samboja Barat, Baharuddin (Iatimewa)

PROKALTIM,KUKAR– Samboja Barat adalah kecamatan baru di Kukar yang terus melakukan transformasi untuk menyambut perpindahan IKN ke Kaltim. Kecamatan ini mengedepankan pembangunan SDM dan pertanian agar bisa menjadi lumbung pangan bagi IKN dan meningkatkan kesejahteraan pemuda lokal.

Camat Samboja Barat, Burhanuddin, menyampaikan bahwa ia sering berdiskusi dengan Direktur Ketahanan Pangan Otorita IKN untuk membahas gagasan-gagasan terkait pengembangan pertanian di wilayahnya. “Kami terus mempersiapkan warga kami yang ada di Gapoktan ini agar bisa berkembang,” tutur Burhanuddin pada Kamis (19/10/2023).

Burhanuddin juga memamerkan beberapa potensi pertanian di Samboja Barat, seperti timun di PPU yang bisa menghasilkan Rp 100 juta per bulan, Kampung Lengkeng yang sudah memasarkan buah lengkeng ke Balikpapan, dan hidroponik estate yang memanfaatkan teknologi canggih.

Baca juga  2 Pelaku Pengeroyokan sopir Truk di Tahura, Dilimpahkan ke Kejari Kukar

Selain itu, Samboja Barat juga bekerja sama dengan BRIDA Kukar yang telah melakukan penelitian sosial ekonomi di bidang perkebunan, pertanian, dan kelautan.

“Kami ingin membantu pengembangan pertanian secara luas. Namun kami masih menghadapi kendala di SDM yang terbatas,” ungkap Burhanuddin. (Jo/Tom/Adv Diskominfo Kukar)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]