Search
Search
Close this search box.

Samboja Barat Dipilih Jadi Lokasi Nusantara AGRIFest 2023

Pertemuan antara Bupati Kukar, Edi Damansyah dengan Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam, Myrna Safitri di Jakarta (Foto: Istimewa)

PROKALTIM,KUKAR- Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) akan merencanakan Nusantara AGRIFest 2023 di Kecamatan Samboja Barat, Kutai Kartanegara. Acara ini merupakan forum belajar dan promosi pertanian berkelanjutan yang akan diadakan pada November 2023 di Desa Margo Mulyo.

Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN, Myrna Safitri, mengatakan bahwa acara ini akan menyuguhkan berbagai kegiatan menarik. “Kegiatan ini akan meliputi temu petani, forum bisnis, pameran, pasar seni dan pasar murah pangan, serta berbagai bentuk kesenian,” ujarnya, Minggu (29/10/2023).

Myrna Safitri mengatakan bahwa tujuan dari Nusantara AGRIFest 2023 adalah untuk menata ekosistem pertanian yang sejalan dengan pengendalian hutan. Ia mengharapkan acara ini dapat menstimulasi koneksi dan kerjasama antara petani di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan di Kutai Kartanegara (Kukar).

Baca juga  Indo Tambangraya Megah(ITMG) Keluarkan Rp4,3 Miliar Lanjut Pengeboran di Kutai

Bupati Kukar, Edi Damansyah, mengapresiasi rencana tersebut. Ia mengapresiasi dedikasi petani di Samboja Barat, khususnya kelompok pemuda yang tergabung di petani milenial dan KTNA yang terdiri dari petani dan nelayan. “Kami sangat mendukung kegiatan Nusantara AGRIFest 2023. Ini menunjukkan potensi dan dedikasi petani di Kukar, yang merupakan lumbung pangan di wilayah Kalimantan Timur. Kami juga berharap petani di Kukar dapat menjadi penyuplai bahan pangan di wilayah ibu kota negara baru,” katanya.

Camat Samboja Barat, Burhanuddin, mengatakan bahwa daerahnya memiliki potensi di sektor perikanan dan pertanian. Sejak IKN hadir di Kaltim, daerah ini terus berbenah dan berkembang. “Kami terus menyiapkan warga kami yang tergabung di Gapoktan untuk bisa berkembang. Kami juga memiliki produk unggulan seperti timun di PPU yang sangat menjanjikan. Selain itu, Kampung Lengkeng dan hidroponik estate sudah mendukung kebutuhan di Balikpapan,” ucapnya.

Baca juga  Beasiswa Kukar Idaman 2023 Tahap II Sudah Bisa Diakses, Pemkab Kukar Beri Kesempatan bagi Guru, Mahasiswa, dan Santri

Burhanuddin menekankan peran Samboja Barat sebagai pilar ketahanan pangan. Ia juga mengatakan bahwa BRIDA Kukar telah meluncurkan penelitian analisis sosial ekonomi masyarakat di bidang perkebunan, pertanian, dan kelautan. “Kami dorong pengembangan sektor pertanian dalam arti luas, karena kami masih terhambat di pengembangan dan pendekatan SDM yang terbatas. Kami berharap Nusantara AGRIFest 2023 dapat menjadi ajang belajar dan promosi pertanian berkelanjutan di Kukar,” tutupnya. (Jo/Tom/Adv Diskominfo Kukar)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]