Search
Search
Close this search box.

Startegi Disperindag Kukar Jaga Kelestarian Budaya dengan Kolaborasi Berbagai Pihak Gelar Event Budaya

Kepala Seksi Disprindag Kukar, Zaidah Isnaini (Foto:Istimewa
Kepala Seksi Disprindag Kukar, Zaidah Isnaini (Foto:Istimewa

PROKALTIM.COM, KUKAR– Sebagai salah satu kerajaan tertua di Indonesia, Kota Raja menyimpan banyak peninggalan sejarah dan tradisi adat yang perlu dilestarikan. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar memiliki beberapa strategi untuk menjaga kelestarian budaya Kota Raja.

Kepala Seksi (Kasi) Promosi dan Kemitraan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindag) Kukar, Zaidah Isnani mengatakan tentang menjaga kelestarian kebudayaan yang ada di Kota Raja.

Salah satu strategi yang dilakukan oleh Pemkab Kukar adalah dengan menggelar berbagai event budaya yang melibatkan masyarakat dan stakeholder terkait. Salah satunya adalah.

“Festival Erau Adat Pelas Benua, yang digelar setiap tahun di sejumlah lokasi di Kota Raja. Festival ini menampilkan berbagai atraksi budaya, seperti pendirian Tiang Ayu, penyalaan Api Brong, pawai budaya, dan pameran produk lokal,” ucapnya saat dikonfirmasi diruangan. Senin, 16 Oktober 2023

Baca juga  Bappeda Kukar Kolaborasi dengan UGM Kerjasama Riset Pertanian Terintegrasi Berbasis Kawasan

Lanjut Zaidah, Pemkab Kukar juga berupaya untuk mempromosikan produk-produk budaya khas Kota Raja, seperti kuliner, kerajinan tangan, dan seni. Beberapa produk budaya yang menjadi ikon Kota Raja antara lain adalah jajak (kue tradisional), ulap doyo (kain tenun dari serat nanas), badon tencep (topeng kayu), sulam tumpar (bordir kain), manik-manik, dan kerajinan rotan.

Selain menjaga kelestarian budaya, strategi Pemkab Kukar juga bertujuan untuk mengembangkan ekonomi kreatif dan pariwisata di Kota Raja. Dengan menggelar event-event budaya dan mempromosikan produk-produk lokal.

“Pemkab Kukar berharap dapat meningkatkan daya tarik wisatawan, baik lokal maupun asing, untuk berkunjung ke Kota Raja. Hal ini tentunya akan berdampak positif bagi pendapatan masyarakat dan daerah,” tutur Zaidah (Ozn/Adv)

Baca juga  Festival Pelaku Ekonomi Kreatif Terakbar di IKN Segera Digelar

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]