Search
Search
Close this search box.

Disdukcapil Kukar Siapkan 20 Alat Pencetakan KTP-el, Ini Langkah-Langkahnya

Kepala Disdukcapil Kukar, Muhammad Iryanto (Foto: Istimewa)

PROKALTIM,KUKAR- Masyarakat Kutai Kartanegara (Kukar) kini dapat lebih mudah dan cepat mendapatkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). Hal ini karena Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kukar telah menyiapkan 20 alat pencetakan KTP-el yang akan dipasang di 20 Kecamatan di Kukar.

“Kami berharap dengan adanya alat pencetakan KTP-el ini, masyarakat dapat lebih mudah dan cepat mendapatkan KTP-el. Sebelumnya, kami hanya memiliki satu alat pencetakan KTP-el yang berada di Disdukcapil Kukar, sehingga banyak permintaan yang tertunda,” kata Kepala Disdukcapil Kukar, Muhammad Iryanto, pada Senin (6/11/2023).

Iryanto mengatakan bahwa alat pencetakan KTP-el ini akan segera beroperasi sebelum akhir tahun ini. Alat pencetakan KTP-el ini akan dioperasikan oleh operator yang berasal dari setiap Kecamatan. Dengan demikian, masyarakat dapat mendapatkan KTP-el dengan langkah-langkah berikut:

Baca juga  Satu WNA Tewas, Satu Kritis, Pertikaian di Eks Tambang Batu Bara Kukar

1.Datang ke Kecamatan terdekat dengan membawa persyaratan yang diperlukan, seperti Kartu Keluarga, akta kelahiran, dan surat pengantar dari Desa atau Kelurahan.

2.Mengisi formulir permohonan KTP-el dan menyerahkan persyaratan yang diperlukan kepada petugas Kecamatan.

3.Menunggu proses verifikasi data oleh petugas Kecamatan.

4.Menunggu proses pencetakan KTP-el oleh operator alat pencetakan KTP-el.

5.Menerima KTP-el yang sudah jadi dari operator alat pencetakan KTP-el.

Selain itu, Disdukcapil Kukar juga telah melaksanakan program pelayanan administrasi kependudukan di tingkat Desa dan Kelurahan. Melalui program ini, warga dapat mengurus berbagai dokumen kependudukan, seperti perbaikan Kartu Keluarga dan akta kelahiran, melalui petugas narahubung Adminduk yang ditunjuk oleh Kades dan Lurah.

Baca juga  Ketua Bapemperda Andi Arief Agung Sebut 60 Persen Perda Selesai Sebelum Akhir Jabatan

“Program ini juga bertujuan untuk mengatasi masalah blank spot area, yaitu daerah yang sulit dijangkau oleh sinyal internet. Kami bekerja sama dengan petugas narahubung di Desa dan Kelurahan untuk memastikan semua warga dapat mengakses layanan kami,” tuturnya.

Iryanto berharap bahwa program-program ini dapat mendukung visi dan misi Bupati Kukar untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, efektif, dan melayani. “Kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kukar,” tutupnya. (Jo/Tom/Adv Diskominfo Kukar)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]