Search
Search
Close this search box.

DKP Kukar Imbau Nelayan untuk Miliki Kartu e-Kusuka, Muslik: Mudahkan Nelayan

Ilustrasi kapal nelayan Kukar. (Foto: Istimewa)

KUKAR,PROKALTIM- Memudahkan para nelayan dan pembudidaya ikan untuk memperoleh bantuan dari pemerintah Kaltim maupun pemerintah pusat.

Dinas Kelautan dan Perikanan Kutai Kartanegara mengimbau kepada nelayan dan pembudidaya ikan agar segera memiliki Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan elektronik (e-Kusuka).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar, Muslik, menjelaskan ada 25.650 ribu dari 35 ribu nelayan dan pembudidaya ikan di Kukar telah mendaftarkan diri untuk memiliki e-Kusuka. 13 ribu lainnya sedang dalam tahap validasi oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar.

“Pemilik kartu dapat menerima Bahan Bakar Minyak (BBM) solar bersubsidi, serta bantuan sarana dan prasarana dari pemerintah. Termasuk dalam program pengendalian inflasi yang memberikan subsidi,” ungkap Muslik, Kamis (2/11/2023).

Baca juga  Uji Kompetensi Wartawan, Rendi Solihin Komitmen Mendukung Kebebasan Pers di Kukar

“Kami juga mengalami beberapa kendala dalam memproses e-Kusuka, salah satunya adalah keterbatasan jumlah Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) yang dimiliki oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar.” tambahnya.

Pihaknya selalu berusaha untuk mempercepat prosesnya, seperti melakukan sosialisasi dan lain sebagainya.

Dirinya menerangkan hanya ada sembilan PPL, empat di antaranya adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS), satu berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dan sisanya merupakan penyuluh pembantu yang berasal dari Kementerian. (Jo/Tom/Adv)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]