Search
Search
Close this search box.

DKP Kukar Targetkan 35 Ribu Nelayan dan Pembudidaya Ikan Terdaftar di e-Kusuka

Kepal DKP Kukar, Muslik (Istimewa)
Kepal DKP Kukar, Muslik (Istimewa)

PROKALTIM,TENGGARONG – Nelayan dan pembudidaya ikan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kini memiliki kartu ajaib yang dapat memberikan berbagai kemudahan dari pemerintah. Kartu tersebut bernama Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan elektronik (e-Kusuka), yang dapat digunakan untuk mengakses bantuan bahan bakar minyak (BBM) solar bersubsidi, sarana dan prasarana, serta program pengendalian inflasi.

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar mengimbau kepada seluruh nelayan dan pembudidaya ikan di daerah tersebut untuk segera mendaftarkan diri untuk mendapatkan e-Kusuka. Hingga saat ini, sudah ada 25.650 ribu pelaku usaha kelautan dan perikanan yang terdaftar, dari total 35 ribu yang ada di Kukar. Sisanya masih dalam proses validasi oleh DKP Kukar.

Baca juga  Desa Loa Duri Ilir Kukar Miliki Virgin Coconut Oil

“Kami berharap semua nelayan dan pembudidaya ikan dapat memanfaatkan kartu e-Kusuka ini, karena banyak sekali manfaatnya. Selain mendapatkan subsidi BBM, mereka juga dapat mengikuti program-program pemerintah yang berkaitan dengan sektor kelautan dan perikanan, seperti bantuan alat tangkap, bibit, pakan, asuransi, dan lain-lain,” ujar Kepala DKP Kukar, Muslik, pada hari Selasa (7/11/2023).

Muslik mengakui bahwa pihaknya masih menghadapi beberapa kendala dalam mengurus e-Kusuka, terutama terkait dengan keterbatasan sumber daya manusia. DKP Kukar hanya memiliki sembilan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), yang bertugas untuk melakukan sosialisasi, verifikasi, dan pendampingan kepada nelayan dan pembudidaya ikan.

“Kami berupaya untuk mengatasi kendala ini, dengan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dinas Komunikasi dan Informatika, serta organisasi-organisasi nelayan dan pembudidaya ikan. Kami berharap dengan adanya e-Kusuka ini, sektor kelautan dan perikanan di Kukar dapat semakin maju dan sejahtera,” tutup Muslik. (Jo/Tom/Adv Diskominfo Kukar)

Baca juga  Bupati Kukar Edi Damansyah Serahkan Bantuan Untuk 4 Rumah Ibadah Saat Safari Subuh

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]