Search
Search
Close this search box.

Kukar Hadirkan Musik Topa Ethnic di Genta Nusantara III Bali

Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin saat menghadiri Genta Nusantara III di Bali. (Istimewa)

PROKALTIM,KUKAR- Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi salah satu daerah yang menarik perhatian di Genta Nusantara III, sebuah festival budaya nasional yang diikuti oleh berbagai daerah di Indonesia. Kukar menunjukkan komitmennya untuk menjaga kebudayaan dan kearifan lokal di tengah pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin menghadiri acara tersebut yang berlangsung di Bali pada 2-5 November 2023. Ia mengatakan, Genta Nusantara merupakan ajang untuk menyelaraskan persepsi tentang pelestarian seni budaya di setiap daerah.

“Kami ingin menunjukkan bahwa Kukar tetap mempertahankan identitasnya sebagai daerah yang kaya akan seni budaya, meskipun saat ini sedang menjadi lokasi pembangunan IKN,” kata Rendi.

“Seni budaya Kukar mencakup banyak aspek, seperti kesenian, tari tradisional, bahasa, dan lainnya. Ini harus dijaga agar tidak hilang oleh perkembangan zaman dan pengaruh budaya asing,” tambahnya.

Baca juga  Antisipasi Penyalahgunaan, Batalyon A Brimob Kaltim Cek Senpi Dinas Anggota

Salah satu bukti kepedulian Kukar terhadap seni budaya adalah penampilan Musik Topa Ethnic, sebuah kelompok musik tradisional asal Kukar, yang menjadi salah satu pengisi acara di Genta Nusantara III. Mereka mendapat sambutan hangat dari para peserta dan penonton.

Genta Nusantara III mengusung tema Keluhuran Nusantara, dengan empat agenda utama, yaitu temu budaya, seni pertunjukan, pameran UMKM, dan eduwisata toleransi. Acara ini diselenggarakan oleh Royal House Rumah Budaya Yogyakarta bekerja sama dengan Pemkab Kukar.

Menurut Ketua Panitia Genta Nusantara III Nengah Rata Artana, ada 662 seniman dari 11 provinsi di Indonesia yang ikut serta dalam festival ini. Selain itu, ada juga seniman dari luar negeri yang berpartisipasi.

Baca juga  Diduga Sakit, AH Terbujur Kaku di Pembaringan

“Ini adalah festival toleransi Indonesia yang menampilkan kekayaan dan keanekaragaman seni budaya di Nusantara,” ucapnya.

Genta Nusantara III merupakan kelanjutan dari Genta Nusantara I dan II yang telah sukses digelar di Yogyakarta pada tahun 2021 dan 2022. (Jo/Tom/Adv Diskominfo Kukar)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]