Search
Search
Close this search box.

ODGJ di Kukar Ditangani Dinsos Kukar, Ini Langkah-Langkahnya

Kepala Dinsos Kukar, Hamly (Foto: Istimewa)

PROKALTIM,KUKAR- Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah menyiapkan tempat penampungan sementara bagi Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang berkeliaran di jalan atau dilaporkan oleh masyarakat. Tempat penampungan ini berada di Kompleks Panti Sosial Asuhan Anak Tenggarong.

Kepala Dinsos Kukar, Hamly, mengatakan, jumlah ODGJ yang ditampung bervariasi, namun paling banyak mencapai 10 orang. Ia mengatakan, penampungan sementara ini hanya bersifat transisi, karena daerah hanya memiliki kewenangan menampung ODGJ selama maksimal 14 hari.

“Setelah itu, mereka akan dibawa ke Rumah Sakit Jiwa untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut dan stabilisasi kondisi kejiwaan,” ujar Hamly, Senin (6/11/2023).

Hamly menjelaskan, tim Dinsos Kukar juga berusaha mencari tahu identitas dan asal-usul ODGJ yang ditampung. Hal ini dilakukan dengan cara melakukan wawancara dan menggali informasi sebanyak mungkin dari mereka.

Baca juga  Pemimpin Digital di Kukar, Siapkan Diri dengan Pelatihan GCIO

“Kebanyakan keluarga ODGJ berada di luar Kukar sehingga kami komunikasi dengan Dinsos di sana untuk memastikan kebenarannya dan mengembalikan kepada keluarganya,” kata Hamly.

Namun, ada juga beberapa ODGJ yang sampai saat ini belum diketahui keluarganya. Jika dalam beberapa tahun ke depan tidak ada klaim dari pihak manapun, maka ODGJ tersebut akan ditempatkan di Balai ODGJ yang ada di Banjarmasin atau Temanggung. (Jo/Tom/Adv Diskominfo Kukar)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]