Search
Search
Close this search box.

Pemkab Kukar dan Disperkim Kerjasama Bangun 60 SPAM Baru di Berbagai Desa

Ilustrasi SPAM di Kukar (Istimewa)
Ilustrasi SPAM di Kukar (Istimewa)

PROKALTIM,TENGGARONG– Kebutuhan air bersih di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan terpenuhi lebih baik dan merata. Hal ini karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kukar tengah gencar membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) baru di berbagai desa.

Kepala Bidang Penyehatan Lingkungan, Disperkim Kukar, Supriyadi Agus, mengatakan bahwa ada 60 proyek pembangunan SPAM yang sedang berjalan di delapan kecamatan sepanjang tahun 2023. Proyek ini menghabiskan anggaran sekitar Rp 68,5 miliar.

“Dari anggaran tersebut, Rp 19 miliar dialokasikan untuk membangun infrastruktur SPAM baru, yang akan meningkatkan ketersediaan dan kualitas air baku. Sementara itu, Rp 49,5 miliar digunakan untuk memperluas jaringan SPAM yang sudah ada, dengan mengubah tandon menjadi Water Treatment Plant (WTP),” kata Supriyadi, Selasa (7/11/2023).

Baca juga  Diskominfo Kukar Perdalam Penyusunan Peta Rencana SPBE di Yogyakarta

Supriyadi menambahkan, selain membangun infrastruktur SPAM baru, pihaknya juga melakukan perluasan jaringan SPAM dengan menambahkan pipa ke rumah-rumah warga, sesuai dengan jumlah sambungan yang dibutuhkan di setiap desa.

“Kami berharap, program pembangunan SPAM ini dapat selesai pada 2024, sesuai dengan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2021-2026. SPAM yang dibangun oleh pemerintah daerah akan diserahkan kepada desa penerima manfaat, yang akan mengelolanya melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),” ujarnya.

Supriyadi mengatakan, dengan adanya SPAM baru ini, warga Kukar dapat mengakses air bersih dengan mudah dan murah. Ini adalah salah satu bentuk pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Jo/Tom/Adv Diskominfo Kukar)

Baca juga  Sekkab Sunggono Komitmen Perlindungan MHA di Kukar, Ini Bukti Nyatanya

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]