Search
Search
Close this search box.

Pogram Unggulan Desa Margahayu Kukar, Terangi Jalan dan Bibit Sapi untuk Warga

Kades Margahayu, Rusdi. (Foto: Lx/redaksi)

KUKAR,PROKALTIM- Desa Margahayu, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), memiliki dua program unggulan yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program tersebut adalah Terang Kampungku dan Pengadaan Sapi, yang menjadi agenda utama dalam rapat koordinasi perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2023 pada hari Rabu (8/11/2023).

Terang Kampungku adalah program penerangan jalan di desa Margahayu, yang dibiayai oleh pemerintah desa atau pemerintah kabupaten. Program ini sangat penting untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat, terutama di malam hari. Nilai anggaran untuk program ini adalah Rp 265 juta.

“Alhamdulillah, Margahayu sudah mendapatkan dua kegiatan, yang sudah terealisasi kemarin tahun 2022 sekarang mendapatkan lagi terang kampungku. Dari kegiatan ini tentunya menjadi suatu kegiatan yang positif untuk masyarakat khususnya desa Margahayu dan sekitarnya karena namanya lampu jalan ini kan sangat vital sekali untuk menjaga sesuatu hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Rusdi, Kepala Desa Margahayu.

Baca juga  Keharmonisan Kapolda Kaltim Bersama Pangdam VI/Mlw Dalam Ajang Lomba Menembak Kapolda Cup 2023

Pengadaan Sapi adalah program yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, yang sebagian besar berprofesi sebagai petani. Program ini menganggarkan Rp 200 juta dari APBD, dan akan memberikan tiga ekor sapi kepada setiap RT di desa Margahayu, yang berjumlah 27 RT.

“Karena masyarakat desa Margahayu tidak punya penghasilan tetap sehingga dari evaluasi kami tabungan dari petani itu adalah memelihara ternak, ternak yang produktif adalah sapi karena selama ini kami lihat orang tua dari anak-anak desa Margahayu bisa sekolah sampai perguruan tinggi mereka kebanyakan memelihara sapi,” jelas Rusdi.

Selain dua program tersebut, desa Margahayu juga mendapatkan peningkatan anggaran operasional untuk posyandu maupun tenaga kesehatan. Rusdi menyampaikan terima kasih kepada Bupati Kukar yang telah mengalokasikan biaya dari kabupaten untuk tenaga bidan dan perawat yang bekerja di puskesmas pembantu (pusban) desa Margahayu.

Baca juga  Muhammad Adam Sampaikan Wawasan Kebangsaan Empat Pilar di Kelurahan Gunung Bahagia

Rusdi berharap, dengan adanya perubahan APBDes ini, desa Margahayu bisa lebih maju dan sejahtera. Ia juga meminta masyarakat untuk bersama-sama mengawasi dan mendukung pelaksanaan kegiatan-kegiatan desa yang telah direncanakan. (Jo/Tom/Adv Diskominfo Kukar)

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]