Search
Search
Close this search box.

Program Kukar Berkah, Pemkab Salurkan Dana Hibah Rp 100 Juta untuk Ponpes

 Ilustrasi pondok pesantren di Kukar (Foto: Istimewa)

PROKALTIM,KUKAR- Sebagai bagian dari program Kukar Berkah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) akan memberikan bantuan dana operasional kepada 27 pondok pesantren (ponpes) di wilayahnya. Bantuan ini diberikan dalam bentuk dana hibah sebesar Rp 100 juta per ponpes yang langsung ditransfer ke rekening resmi yayasan ponpes yang terpilih.

Menurut Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kukar, Dendy Irwan Fahriza, bantuan ini sudah dimulai sejak tahun lalu, dengan 16 ponpes sebagai penerima. Untuk tahun 2023, targetnya adalah 27 ponpes, yang terdiri dari 10 ponpes dari APBD reguler, dan 17 dari APBD Perubahan.

“Dana hibah bantuan operasional pondok pesantren ini dalam bentuk uang yang langsung masuk ke rekening yayasan ponpes senilai Rp 100 juta,” kata Dendy pada Kamis (9/11/2023).

Baca juga  Wabup Rendi Solihin Titip Pesan Bagi Teruna Dara Kutai Kartanegara 2023

Dendy menjelaskan, bantuan ini sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), yang mengharuskan 53 ponpes di Kukar mendapat bantuan hingga tahun 2026. Jika tahun ini target 27 ponpes tercapai, maka sisanya akan diupayakan pada tahun berikutnya.

“Seharusnya selesai di tahun 2026, mungkin 2024 bisa rampung target sesuai 53 ponpes. Makanya di 2023 ini, APBD perubahan kita usulkan lagi,” tuturnya.

Dendy menambahkan, dana operasional ini harus digunakan untuk keperluan ponpes, seperti honor guru, administrasi, dan alat tulis kantor (ATK). Yayasan ponpes juga harus melaporkan penggunaan dana secara transparan dan akuntabel.

“Kalau tidak ada laporan pertanggungjawaban, maka tahun depan tidak akan dapat lagi,” tegasnya. (Jo/Tom/Adv Diskominfo Kukar)

Baca juga  Rumah Roboh dan Hujan Deras, Tim Siaga Respon Bencana Gegana Kaltim Pasang Police Line dan Evakuasi Masyarakat

Agar Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru
Ikuti Berita Kami di Google News, Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim News

EO KALTIM

Borneo Land Promosindo percaya bahwa konsumen dan pemahaman pasar adalah cara terbaik untuk mengaktifkan kualitas dan merek

VENDOR EVENT DAN DESIGN

Jasa Tukang Interior, Stand Pameran, Spesial Desain, Partisi Pameran, Panggung, Backdroop, Photobooth, Flooring, Black Curtain, dan Dekorasi Event Lainya

OUTBOUND KALTIM

Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri.

Scroll to Top

PROKALTIM GROUP

Kategori Berita
Daerah

Pendaftaran Kolomnis Kaltimsiana

[gravityform id="3" title="false" description="false" ajax="true"]